Evaluasi Penilaian Autentik di SD Muhammadiyah 01 Ambulu
Abstract
Penelitian ini membahas tentang evaluasi penilaian autentik di SD Muhammadiyah 01 Ambulu. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui kesesuaian penilaian autentik di SD Muhammadiyah 01 Ambulu dengan standar penilaian autentik kurikulum 2013. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian evaluasi dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, dengan objek guru kelas I - IV SD Muhammadiyah 01 Ambulu. Hasil penelitian evaluasi penilaian autentik di SD Muhammadiyah 01 Ambulu yakni sebagai berikut, kesesuaian penilaian autentik pada tahap masukan memperoleh skor rerata 3,99 dalam persentase 99,91% dengan kategori amat baik. Kesesuaian penilaian autentik pada tahap proses memperoleh skor rerata 3,98 dalam persentase 99,5% dengan kategori amat baik. Kesesuaian penilaian autentik pada tahap hasil memperoleh skor rerata 3,78 dalam persentase 94,66% dengan kategori amat baik. Secara keseluruhan hasil evaluasi penilaian autentik di SD Muhammadiyah 01 Ambulu memperoleh skor rerata 3,91 dalam persentase 98% dengan kategori amat baik. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa penilaian autentik di SD Muhammadiyah 01 Ambulu sudah sesuai dengan standar penilaian Kurikulum 2013.