Novasi Proses Pelayanan Dokumen Paspor Melalui Program Papuma (Pelayanan Paspor KE Rumah) di Kantor Imigrasi Kelas II Tpi Kabupaten Jember
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa inovasi proses pelayanan dokumen paspor yang digagas oleh Kantor Imigrasi II TPI Jember, yaitu program PAPUMA (Pelayanan Paspor ke Rumah). Kantor Imigrasi merupakan unit pelaksana teknis di bawah direktorat jenderal imigrasi yang menjalankan fungsi keimigrasian di daerah kabupaten/kota atau kecamatan. Kantor Imigrasi II TPI Jember memiliki tugas utama dalam melakukan pelayanan administrasi penerbitan Dokumen Perjalanan Republik Indonesia (DPRI). Hampir semua kegiatan pembangunan baik yang bersifat sektoral maupun lintas sektor terkait dengan penduduk. Setiap warga negara akan mengalami berbagai peristiwa penting di dalam kehidupannya seperti mobilitas penduduk terkait dengan perpindahan tempat kependudukan baik untuk sementara maupun jangka waktu yang lama. Peristiwa inilah yang termasuk bidang terkait pelayanan dokumen perjalan.