dc.contributor.author | NISA, Fani Khoirun | |
dc.date.accessioned | 2024-07-15T03:21:12Z | |
dc.date.available | 2024-07-15T03:21:12Z | |
dc.date.issued | 2024-06-24 | |
dc.identifier.nim | 200210302013 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122230 | |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 15 Juli 2024_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Historical Thinking Skills merupakan salah satu capaian pembelajaran yang
harus dikuasai peserta didik dalam kurikulum merdeka. Selain itu, peserta didik
pada akhir Fase F atau kelas 11 SMA diharapkan untuk memiliki kompetensi
pengetahuan yang termasuk dalam keterampilan berpikir tingkat tinggi antara lain;
keterampilan menganalisis (analysing), mengevaluasi (evaluating), dan mencipta
(creating). Namun, dalam hasil observasi ditemukan bahwa peserta didik pada mata
pelajaran sejarah pada umumnya belum memenuhi target tujuan pembelajaran. Hal
ini didasarkan pada kajian rata-rata hasil ujian akhir semester peserta didik mata
pelajaran sejarah masih tergolong rendah. Pembelajaran Resource Based Learning
(RBL) muncul sebagai respons terhadap kebutuhan peserta didik dengan segudang
sumber pengetahuan yang kini memanfaatkan kemajuan teknologi digital.
Penelitian terdahulu menunjukkan adanya penggalian dan interpretasi dari berbagai
sumber belajar dan berbagai sumber informasi dapat memecahkan masalah terdapat
dalam proses pembelajaran RBL, sehingga dapat meningkatkan kemampuan
Historical Thinking dan pengetahuan sejarah peserta didik. Penggunaan Media
Digital Scrapbook pada penelitian ini sebagai media pembelajaran untuk
menyediakan sumber belajar dalam satu media dalam mendukung proses
pembelajaran di kelas.
Rumusan masalah penelitian ini adalah, apakah terdapat pengaruh yang
signifikan terhadap penerapan model pembelajaran Resource Based Learning
(RBL) berbantuan media digital scrapbook terhadap Historical Thinking Skills
peserta didik? Dan apakah terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penerapan
model pembelajaran Resource Based Learning (RBL) berbantuan media digital
scrapbook terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran sejarah?. Penelitian ini akan berfokus pada pengaruh model Resource Based Learning (RBL)
berbantuan media digital scrapbook dalam meningkatkan kemampuan historical
thinking skills sebagai capaian pembelajaran dalam kurikulum merdeka dan hasil
belajar peserta didik. Tujuan dari penelirian ini merupakan untuk memverivikasi
pengaruh dari penerapan model pembelajaran Resource Based Learning (RBL)
terhadap Historical Thinking peserta didik. Memverivikasi pengaruh dari
penerapan model pembelajaran Resource Based Learning (RBL) terhadap hasil
belajar peserta didik mata pelajaran sejarah. Penelitian ini termasuk dalam
penelitian quasi experiment dengan sampel 72 peserta didik dari kelas XI MPLB 2
dan XI MPLB 3 di SMKN 4 Jember. Penelitian ini menggunakan teknik
dokumentasi, tes pilihan ganda dan tes uraian sebagai alat instrumen pengumpulan
data. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah Uji Ancova atau Analysis of
Covariat. Hasil penelitian in diharapakan dapat berguna sebagai sumbangan teoritis
dan pengembangan wawasan tentang pengaruh model Resource Based Learning
(RBL) berbantuan media digital scrapbook dalam meningkatkan kemampuan
historical thinking skills sebagai capaian pembelajaran dalam kurikulum merdeka
dan hasil belajar peserta didik, serta dapat digunaan sebagai referensi bagi yang
akan melakukan penelitian yang sejenis
Hasil yang di perolah untuk menjawab pertanyaan rumusan masalah yang
pertatama terdapat pada nilai kolom kelas menghasilkan nilai 0,000 dengan
signifikansi dibawah 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa simultan pretest dan
model pembelajaran secara simultan berpengaruh terhadap kemampuan historical
thinking yang diperoleh peserta didik. Hasil yang diperoleh untuk menjawab
pertanyaan rumusan masalah yang kedua, terdapat pada hasil nilai pada kolom kelas
menghasilkan nilai 0,000 dengan signifikansi dibawah 0,05 sehingga dapat
disimpulkan bahwa simultan pretest dan model pembelajaran secara simultan
berpengaruh terhadap hasil belajar yang diperoleh peserta didik.Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan
terhadap kemampuan historical thinking skills dan hasil belajar peserta didik yang
dibelajarkan menggunakan Resource Based Learning berbantuan media digital
scrapbook. | en_US |
dc.description.sponsorship | Pembimbing Utama Dr. Sumardi, M. Hum
Pembimbing Anggota Dr. Nurul Umamah, M. Hum | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Resource Based Learning | en_US |
dc.subject | Digital Scrapbook | en_US |
dc.subject | Historical Thinking Skills | en_US |
dc.title | Pengaruh Resource Based Learning (RBL) Berbantuan Media Digital Scrapbook terhadap Peningkatan Historical Thinking Skills dan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Sejarah | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Sejarah | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dr. Sumardi, M. Hum | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Dr. Nurul Umamah, M. Hum | en_US |
dc.identifier.validator | Kacung- 3 Juli 2024 | en_US |