• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Resource Based Learning (RBL) Berbantuan Media Digital Scrapbook terhadap Peningkatan Historical Thinking Skills dan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Sejarah

    Thumbnail
    View/Open
    Naskah Skripsi Final. Fani Khoirun Nisa.pdf (2.369Mb)
    Date
    2024-06-24
    Author
    NISA, Fani Khoirun
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Historical Thinking Skills merupakan salah satu capaian pembelajaran yang harus dikuasai peserta didik dalam kurikulum merdeka. Selain itu, peserta didik pada akhir Fase F atau kelas 11 SMA diharapkan untuk memiliki kompetensi pengetahuan yang termasuk dalam keterampilan berpikir tingkat tinggi antara lain; keterampilan menganalisis (analysing), mengevaluasi (evaluating), dan mencipta (creating). Namun, dalam hasil observasi ditemukan bahwa peserta didik pada mata pelajaran sejarah pada umumnya belum memenuhi target tujuan pembelajaran. Hal ini didasarkan pada kajian rata-rata hasil ujian akhir semester peserta didik mata pelajaran sejarah masih tergolong rendah. Pembelajaran Resource Based Learning (RBL) muncul sebagai respons terhadap kebutuhan peserta didik dengan segudang sumber pengetahuan yang kini memanfaatkan kemajuan teknologi digital. Penelitian terdahulu menunjukkan adanya penggalian dan interpretasi dari berbagai sumber belajar dan berbagai sumber informasi dapat memecahkan masalah terdapat dalam proses pembelajaran RBL, sehingga dapat meningkatkan kemampuan Historical Thinking dan pengetahuan sejarah peserta didik. Penggunaan Media Digital Scrapbook pada penelitian ini sebagai media pembelajaran untuk menyediakan sumber belajar dalam satu media dalam mendukung proses pembelajaran di kelas. Rumusan masalah penelitian ini adalah, apakah terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penerapan model pembelajaran Resource Based Learning (RBL) berbantuan media digital scrapbook terhadap Historical Thinking Skills peserta didik? Dan apakah terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penerapan model pembelajaran Resource Based Learning (RBL) berbantuan media digital scrapbook terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran sejarah?. Penelitian ini akan berfokus pada pengaruh model Resource Based Learning (RBL) berbantuan media digital scrapbook dalam meningkatkan kemampuan historical thinking skills sebagai capaian pembelajaran dalam kurikulum merdeka dan hasil belajar peserta didik. Tujuan dari penelirian ini merupakan untuk memverivikasi pengaruh dari penerapan model pembelajaran Resource Based Learning (RBL) terhadap Historical Thinking peserta didik. Memverivikasi pengaruh dari penerapan model pembelajaran Resource Based Learning (RBL) terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran sejarah. Penelitian ini termasuk dalam penelitian quasi experiment dengan sampel 72 peserta didik dari kelas XI MPLB 2 dan XI MPLB 3 di SMKN 4 Jember. Penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi, tes pilihan ganda dan tes uraian sebagai alat instrumen pengumpulan data. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah Uji Ancova atau Analysis of Covariat. Hasil penelitian in diharapakan dapat berguna sebagai sumbangan teoritis dan pengembangan wawasan tentang pengaruh model Resource Based Learning (RBL) berbantuan media digital scrapbook dalam meningkatkan kemampuan historical thinking skills sebagai capaian pembelajaran dalam kurikulum merdeka dan hasil belajar peserta didik, serta dapat digunaan sebagai referensi bagi yang akan melakukan penelitian yang sejenis Hasil yang di perolah untuk menjawab pertanyaan rumusan masalah yang pertatama terdapat pada nilai kolom kelas menghasilkan nilai 0,000 dengan signifikansi dibawah 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa simultan pretest dan model pembelajaran secara simultan berpengaruh terhadap kemampuan historical thinking yang diperoleh peserta didik. Hasil yang diperoleh untuk menjawab pertanyaan rumusan masalah yang kedua, terdapat pada hasil nilai pada kolom kelas menghasilkan nilai 0,000 dengan signifikansi dibawah 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa simultan pretest dan model pembelajaran secara simultan berpengaruh terhadap hasil belajar yang diperoleh peserta didik.Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan historical thinking skills dan hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan menggunakan Resource Based Learning berbantuan media digital scrapbook.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122230
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15369]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository