Pengaruh Model Learning Cycle 5E disertai LKPD Berbasis Diagram Berpikir Multidimensi terhadap Kemampuan Scientific Reasoning Siswa SMP
Abstract
Kemampuan scientific reasoning merupakan satu dari aspek pengetahuan penting yang menjadi tuntutan
pada pembelajaran abad 21. Kemampuan penalaran ilmiah ini diharapakan mampu diterapkan pada pembelajaran IPA
sebagai kontribusi dalam keterampilan kognitif siswa dan dapat dijadikan sebagai bekal siswa untuk menyambut
tantangan global. Namun, faktanya kemampuan scientific reasoning siswa masih tergolong rendah. Model learning
cycle 5E yaitu model pembelajaran yang dianggap mampu meningkatkan kemampuan scientific reasoning siswa.
Selain itu, penggunaan LKPD berbasis diagram berpikir mutlidimensi dapat mempermudah siswa untuk memahami
konsep suatu pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh dan peningkatan kemampuan scientific
reasoning siswa menggunakan model learning cycle 5E disertai LKPD berbasis diagram berpikir multidimensi.
Penelitian ini berjenis quasi eksperimen dan desain non-equivalent control group desain. Tempat penelitian berada di
SMP Negeri 3 Jember pada kelas 8 yang jumlah siswa masing-masing pada kelas kontrol dan eksperimen sebanyak 31
siswa. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa pembelajaran dengan model learning cycle 5E disertai LKPD
berbasis diagram berpikir multidimensi berpengaruh signifikan terhadap kemampuan scientific reasoning siswa.
Kemampuan scientific reasoning siswa mengalami peningkatan seusai siswa mengikuti pembelajaran dengan
menggunakan model learning cycle 5E disertai LKPD berbasis diagram berpikir multidimensi secara aktif.