Show simple item record

dc.contributor.authorPUTRI, Fikroturrofiah Suwandi
dc.date.accessioned2013-12-24T03:59:28Z
dc.date.available2013-12-24T03:59:28Z
dc.date.issued2013-12-24
dc.identifier.nim090210102092
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12185
dc.description.abstractSalah satu permasalahan yang terdapat dalam proses pembelajaran fisika saat ini adalah lemahnya proses pembelajaran. Pemilihan media yang tepat menjadi penting agar transfer ilmu pengetahuan dari guru dapat lebih maksimal sehingga siswa tidak hanya mendengar apa yang disampaikan oleh guru tetapi juga mengikuti proses pembelajaran dengan benar. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru fisika di beberapa sekolah, diperoleh informasi bahwa guru sudah melakukan pembelajaran dengan baik namun kurang mempersiapkan bahan ajar pembelajaran fisika yang akan digunakan di kelas. Selain itu, pemanfaatan laboratorium multimedia belum dimaksimalkan dalam pembelajaran fisika. Strategi yang dapat dilakukan oleh peneliti untuk mengatasi permasalahan diatas dengan melakukan penelitian pengembangan suatu bahan ajar berbasis CAI yang dapat digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Computer Assisted Instruction Salah satu permasalahan yang terdapat dalam proses pembelajaran fisika saat ini adalah lemahnya proses pembelajaran. Pemilihan media yang tepat menjadi penting agar transfer ilmu pengetahuan dari guru dapat lebih maksimal sehingga siswa tidak hanya mendengar apa yang disampaikan oleh guru tetapi juga mengikuti proses pembelajaran dengan benar. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru fisika di beberapa sekolah, diperoleh informasi bahwa guru sudah melakukan pembelajaran dengan baik namun kurang mempersiapkan bahan ajar pembelajaran fisika yang akan digunakan di kelas. Selain itu, pemanfaatan laboratorium multimedia belum dimaksimalkan dalam pembelajaran fisika. Strategi yang dapat dilakukan oleh peneliti untuk mengatasi permasalahan diatas dengan melakukan penelitian pengembangan suatu bahan ajar berbasis CAI yang dapat digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Computer Assisted Instruction Salah satu permasalahan yang terdapat dalam proses pembelajaran fisika saat ini adalah lemahnya proses pembelajaran. Pemilihan media yang tepat menjadi penting agar transfer ilmu pengetahuan dari guru dapat lebih maksimal sehingga siswa tidak hanya mendengar apa yang disampaikan oleh guru tetapi juga mengikuti proses pembelajaran dengan benar. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru fisika di beberapa sekolah, diperoleh informasi bahwa guru sudah melakukan pembelajaran dengan baik namun kurang mempersiapkan bahan ajar pembelajaran fisika yang akan digunakan di kelas. Selain itu, pemanfaatan laboratorium multimedia belum dimaksimalkan dalam pembelajaran fisika. Strategi yang dapat dilakukan oleh peneliti untuk mengatasi permasalahan diatas dengan melakukan penelitian pengembangan suatu bahan ajar berbasis CAI yang dapat digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Computer Assisted Instruction Salah satu permasalahan yang terdapat dalam proses pembelajaran fisika saat ini adalah lemahnya proses pembelajaran. Pemilihan media yang tepat menjadi penting agar transfer ilmu pengetahuan dari guru dapat lebih maksimal sehingga siswa tidak hanya mendengar apa yang disampaikan oleh guru tetapi juga mengikuti proses pembelajaran dengan benar. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru fisika di beberapa sekolah, diperoleh informasi bahwa guru sudah melakukan pembelajaran dengan baik namun kurang mempersiapkan bahan ajar pembelajaran fisika yang akan digunakan di kelas. Selain itu, pemanfaatan laboratorium multimedia belum dimaksimalkan dalam pembelajaran fisika. Strategi yang dapat dilakukan oleh peneliti untuk mengatasi permasalahan diatas dengan melakukan penelitian pengembangan suatu bahan ajar berbasis CAI yang dapat digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Computer Assisted Instruction (CAI) adalah penyampaian materi atau bahan ajar melalui komputer dan siswa melakukan aktifitasnya berinteraksi langsung dengan komputer. Bahan ajar berbasis CAI adalah bahan ajar yang mengombinasikan beberapa media pembelajaran yang bersifat interaktif untuk mengendalikan suatu perintah. Bahan ajar berbasis CAI yang dihasilkan terdiri atas: (1) buku ajar siswa (materi pembelajaran dan tutorial), (2) lembar kegiatan siswa (LKS), 3 evaluasi. Bahan ajar berbasis CAI ditunjang dengan silabus dan RPP yang sesuai dengan pendekatan CAI. Penggunaan bahan ajar berbasis CAI diharapkan dapat mengubah pola pembelajaran menjadi lebih baik karena siswa dapat menggunakan media tersebut sebagai acuan untuk menemukan konsep atau materi melalui aktifitasnya sendiri. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar berbasis CAI yang valid, mengetahui respon siswa, dan efektifitas pembelajaran terhadap penggunaan bahan ajar interaktif berbasis CAI yang dikembangkan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbasis CAI konsep gaya untuk pembelajaran fisika di SMP. Pengembangan bahan ajar berbasis CAI menggunakan model pengembangan perangkat pembelajaran 4-D. Keterbatasan dari aspek waktu dan biaya menyebabkan penelitian pengembangan ini memodifikasi model pengembangan perangkat pembelajaran 4-D menjadi tiga tahapan yaitu tahap pendefinisian, tahap perancangan, dan tahap pengembangan. Perbedaan penelitian pengembangan ini dengan penelitian sebelumnya yaitu adanya buku ajar siswa berupa materi pembelajaran dan tutorial, dan evaluasi berupa praktik dan latihan. Alat perolehan data yang digunakan adalah lembar validasi, lembar uji rumpang, lembar angket respon, serta lembar pre-test dan post-test. Metode perolehan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, validasi logis, uji rumpang, angket, dan test. Data yang didapatkan adalah validasi logis bahan ajar berbasis CAI, hasil observasi keterlaksanaan RPP, respon siswa, dan efektifitas pembelajaran. Hasil validasi logis mendapatkan kesimpulan bahwa bahan ajar interaktif berbasis CAI berkategori valid dengan nilai 4,3 dan memenuhi aspek kelayakan isi, keterbacaan, dan kegrafikaan. Uji pengembangan dilaksanakan dengan melakukan uji homogenitas terlebih dahulu sehingga didapatkan kelas VIII B SMP Negeri 12 Jember sebagai kelas untuk uji pengembangan. Keterlaksanaan pembelajaran berdasarkan hasil observasi telah terlaksana dengan baik. Siswa kelas VIII B SMP Negeri 12 Jember memberikan respon positif terhadap penggunaan bahan ajar interaktif berbasis CAI. Bahan ajar interaktif berbasis CAI memiliki kriteria efektif karena taraf efektifitas (n) yang didapatkan dari rata-rata nilai pre-test dan post-test adalah 81%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210102092;
dc.subjectBAHAN AJAR BERBASIS COMPUTER ASSISTED INSTRUCTIONen_US
dc.titlePengembangan Bahan Ajar Berbasis Computer Assisted Instruction (CAI) Konsep Gaya untuk Pembelajaran Fisika di SMPen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record