Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Spaghetti Bowl di Banyuwangi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh inovasi produk, harga,
dan celebrity endorsement terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan
pelanggan di restoran "Spaghetti Bowl" Banyuwangi. Penelitian menggunakan
pendekatan explanatory research. Samel dalam penelitian ini melibatkan 110
responden yang merupakan pelanggan restoran "Spaghetti Bowl" Banyuwangi.
Penelitian menggunakan data kuantitatif. Sumber data dalam penelitian adalah
data primer. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner yang
dibagikan melalui google form. Metode analisis yang digunakan adalah Analisis
jalur (Path Analysis). Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa inovasi produk,
harga, dan celebrity endorsement memiliki pengaruh positif dan signifikan
terhadap kepuasan pelanggan. Hasil penelitian juga menunjukkan inovasi produk
dan harga berkontribusi secara positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan.
Namun, celebrity endorsement tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap
loyalitas pelanggan secara langsung. Hasil penelitian juga menunjukkan inovasi
produk, harga, dan celebrity endorsement berpengaruh positif dan signifikan
terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan. Kepuasan pelanggan
terbukti memainkan peran kunci dalam menghubungkan inovasi produk, harga,
dan celebrity endorsement dengan loyalitas pelanggan.