dc.contributor.author | MUCHID, Achmad Haidar | |
dc.date.accessioned | 2024-06-19T06:33:03Z | |
dc.date.available | 2024-06-19T06:33:03Z | |
dc.date.issued | 2023-12-29 | |
dc.identifier.nim | 190910202078 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121593 | |
dc.description.abstract | Modern coffee shops lokal merupakan suatu tempat yang menyediakan
makanan dan minuman yang tidak hanya sejenis kopi tetapi minuman penunjang
lainnya juga dilengkapi dengan fasilitas yang dapat membuat orang nyaman
seperti wifi, live-music, desain interior yang menarik serta modern. Coffee shops
di Jember selain menyajikan minuman kopi yang beragam dengan kopi yang
berkualitas tinggi, menyajikan layanan take away dan dapat dipesan pada platform
gojek, grab, dan shopeefoood. Lokasi coffee shops mayoritas berada di pusat kota
dan dekat dari area kampus sehingga coffee shops memilik target pasar yang luas.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kapabilitas pemasaran
dan kapabilitas digital terhadap keunggulan bersaing modern coffee shops (lokal)
di Jember. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
penelitian kuantitatif dengan menguji hubungan atau pengaruh antar variabel yang
dihipotesiskan. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis
regresi linier berganda. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara
observasi dan penyebaran kuesioner penelitian dengan responden berjumlah 36
manager atau yang mewakili dari coffee shops.
Menurut Chahal dan Kaur (2014) kapabilitas pemasaran dengan indikator
yaitu penelitian pasar, penetapan harga, pengembangan produk, saluran dan
promosi, sedangkan menurut Lu dan Ramamurthy (2011) kapabilitas digital
dengan indikator yaitu membangun kemampuan infrstruktur TI, kemampuan
mencakup bisnis TI, dan sikap proaktif TI, serta keunggulan bersaing dengan
indikator biaya, kualitas, kreativitas dan diferensiasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) kapabilitas pemasaran
berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing. 2) kapabilitas digital tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan
bersaing. 3) kapabilitas pemasaran dan kapabilitas digital secara bersama-sama
berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing modern
coffee shops (lokal) di Jember, artinya setiap peningkatan kapabilitas pemasaran
dan kapabilitas digital maka keunggulan bersaing juga akan mengalami
peningkatan. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik | en_US |
dc.subject | Kapabilitas Pemasaran | en_US |
dc.subject | Kapabilitas Digital | en_US |
dc.subject | Keunggulan Bersaing | en_US |
dc.title | Pengaruh Kapabilitas Pemasaran dan Kapabilitas Digital Terhadap Keunggulan Bersaing Modern Coffee Shops (Lokal) Di Jember | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Ilmu Administrasi Bisnis | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dr.Wheny Khristianto, S.Sos, M.AB | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Dr.Djoko Poernomo, M.Si.,CIQnR.,CSBA. | en_US |
dc.identifier.validator | reva | en_US |
dc.identifier.finalization | 0a67b73d_2024_06_tanggal 19 | en_US |