• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Kapabilitas Pemasaran dan Kapabilitas Digital Terhadap Keunggulan Bersaing Modern Coffee Shops (Lokal) Di Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Repository UNEJ Achmad Haidar Muchid.pdf (1.783Mb)
    Date
    2023-12-29
    Author
    MUCHID, Achmad Haidar
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Modern coffee shops lokal merupakan suatu tempat yang menyediakan makanan dan minuman yang tidak hanya sejenis kopi tetapi minuman penunjang lainnya juga dilengkapi dengan fasilitas yang dapat membuat orang nyaman seperti wifi, live-music, desain interior yang menarik serta modern. Coffee shops di Jember selain menyajikan minuman kopi yang beragam dengan kopi yang berkualitas tinggi, menyajikan layanan take away dan dapat dipesan pada platform gojek, grab, dan shopeefoood. Lokasi coffee shops mayoritas berada di pusat kota dan dekat dari area kampus sehingga coffee shops memilik target pasar yang luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kapabilitas pemasaran dan kapabilitas digital terhadap keunggulan bersaing modern coffee shops (lokal) di Jember. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan menguji hubungan atau pengaruh antar variabel yang dihipotesiskan. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan penyebaran kuesioner penelitian dengan responden berjumlah 36 manager atau yang mewakili dari coffee shops. Menurut Chahal dan Kaur (2014) kapabilitas pemasaran dengan indikator yaitu penelitian pasar, penetapan harga, pengembangan produk, saluran dan promosi, sedangkan menurut Lu dan Ramamurthy (2011) kapabilitas digital dengan indikator yaitu membangun kemampuan infrstruktur TI, kemampuan mencakup bisnis TI, dan sikap proaktif TI, serta keunggulan bersaing dengan indikator biaya, kualitas, kreativitas dan diferensiasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) kapabilitas pemasaran berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing. 2) kapabilitas digital tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing. 3) kapabilitas pemasaran dan kapabilitas digital secara bersama-sama berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing modern coffee shops (lokal) di Jember, artinya setiap peningkatan kapabilitas pemasaran dan kapabilitas digital maka keunggulan bersaing juga akan mengalami peningkatan.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121593
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5687]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository