Show simple item record

dc.contributor.authorNADA, Nafi’a Qotruri
dc.date.accessioned2024-06-19T04:38:28Z
dc.date.available2024-06-19T04:38:28Z
dc.date.issued2023-07-20
dc.identifier.nim190210204087en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121584
dc.descriptionvalidasi_repo_firli_Maret_2024_27; Finalisasi oleh Taufik Tgl 19 Juni 2024en_US
dc.description.abstractPembelajaran pada kurikulum 2013 tidak hanya mengukur kemampuan peserta didik dari hasilnya saja, tetapi juga proses dalam mendapatkan hasil tersebut. Proses pembelajaran kurikulum 2013 dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik agar lebih aktif, kritis, kolaboratif dan kreatif. Salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan arah pengembangan pembelajaran kurikulum 2013 adalah model guided inquiry. Model guided inquiry bertujuan untuk mengembangkan keaktifan dan kemampuan berfikir kritis peserta didik dengan memecahkan suatu hipotesis. Tahapan pembelajaran model guided inquiry mengarahkan peserta didik untuk berdiskusi bersama kelompoknya secara analitis, sistematis, kritis, dan kolaboratif sehingga dapat mengasah dan mengembangkan sikap, keterampilan, dan kepercayaan diri peserta didik dalam memutuskan atau menyelesaikan permasalahan. Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan, rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Adakah Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbantuan Media Lapbook terhadap Hasil Belajar Kognitif Tema 7 Subtema 1 Pada Siswa Kelas V SDN Dukuhdempok 01?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inkuiry Berbantuan Media Lapbook terhadap Hasil Belajar Kognitif Tema 7 Subtema 1 pada Siswa Kelas V SDN Dukuhdempok 01. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Dukuhdempok 01. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VA sejumlah 22 dan VB sejumlah 20, sehingga total sampel adalah 42 peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan pola non-equivalent control group. Instrumen penelitian ini berupa soal pretest dan posttest sejumlah 27 soal. Uji homogenitas dan uji normalitas dilakukan sebelum menentukan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data yang digunakan uji homogenitas dan uji normalitas berupa data nilai UAS Semester Ganjil kelas VA dan VB. Uji homogenitas menggunakan metode fisher untuk mengetahui apakah kedua kelas memiliki kemampuan yang sama atau tidak. Hasil uji homogenitas menunjukkan fhitung < ftabel yang berarti kemampuan kedua kelas homogen. Uji normalitas menggunakan metode liliefors karena penelitian ini merupakan penelitian parametrik dan sampel data kurang dari 30. Hasil uji normalitas menunjukkan lhitung < ltabel yang berarti data berdistribusi normal. Hasil pengujian tersebut menunjukkan kedua kelas layak digunakan sebagai objek penelitian, selanjutnya dilakukan pengundian secara acak untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan treatment model pembelajaran guided inquiry berbantuan media lapbook, sedangkan kelas kontrol diberikan treatment model pembelajaran discovery learning. Analisis data yang digunakan untuk menguji hasil penelitian ini adalah uji t. Data yang digunakan berupa nilai pretest-postest, kemudian nilai tersebut dianalisis menggunakan rumus uji t dengan bantuan program Ms. Excel 2010. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan thitung 4,333 kemudian dikonsultasikan dengan ttabel dengan taraf signifikansi 0,05 dan db 40 sebesar 2,021. Berdasarkan perhitungan tersebut diketahu thitung > ttabel (4,333 > 2,021) yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Melihat hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pada model guided inquiry berbantuan media lapbook terhadap hasil belajar kognitif tema 7 subtema 1 peserta didik kelas V SDN Dukuhdempok 01 Wuluhan. Berdasarkan hasil pembahasan yang telah dipaparkan, maka saran dalam penelitian ini yaitu penelitian masih berfokus pada materi IPS dan ranah penilain kognitif peserta didik. Hal tersebut bisa menjadi pertimbangan untuk peneliti lain, agar dikembangkan pada materi serta ranah penilaian lainnya. Selain itu, diperlukan pengembangan media sebagai sumber belajar peserta didik karena dengan media pembelajaran, peserta didik dapat terbantu untuk memahami materi.en_US
dc.description.sponsorshipZetti Finali, S.Pd., M.Pd., dan Dyah Ayu Puspitaningrum, SE., M.Si.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectMODEL PEMBELAJARANen_US
dc.subjectMODEL GUIDED INQUIRYen_US
dc.subjectMEDIA PEMBELAJARANen_US
dc.subjectMEDIA LAPBOOKen_US
dc.subjectPEMBELAJARAN TEMATIKen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbantuan Media Lapbook Terhadap Hasil Belajar Kognitif Tema 7 Subtema 1 pada Peserta Didik Kelas V SDN Dukuhdempok 01 Wuluhan Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Zetti Finali, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dyah Ayu Puspitaningrum, SE., M.Si.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_Maret_2024_27en_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record