Show simple item record

dc.contributor.authorNurul Afisa
dc.date.accessioned2013-12-24T03:48:09Z
dc.date.available2013-12-24T03:48:09Z
dc.date.issued2013-12-24
dc.identifier.nimNIM090210101077
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12157
dc.description.abstractPerangkat pembelajaran Model Missouri Mathematics Project (MMP) Bernuansa Kontekstual meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja siswa (LKS), buku siswa, dan tes hasil belajar. Proses pengembangan yang dilakukan meliputi 4 (empat) tahap pengembangan model perancangan pendidikan dari Thiagarajan yang terdiri dari tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran. Pengembangan perangkat pembelajaran dilakukan dengan memperhatikan 3 aspek kualitas, yakni aspek kevalidan, aspek kepraktisan, dan aspek keefektifan. Dari hasil uji kevalidan, perangkat pembelajaran dengan model pembelajaran MMP bernuansa kontekstual mencapai kriteria kevalidan dengan koefisien validitas untuk rencana pelaksanaan pembelajaran sebesar 0,91; koefisien validitas buku siswa sebesar 0,92; koefisien validitas lembar kerja siswa sebesar 0,93; koefisien validitas tes hasil belajar sebesar 0,86. Kategori validitas keempat perangkat adalah sangat tinggi. Dari hasil uji kepraktisan, diperoleh bahwa persentase aktivitas guru pada pertemuan pertama dan pertemuan kedua, berturutturut adalah 93,75% dan 97,91%. Persentase aktivitas siswa pada pertemuan pertama dan pertemuan kedua berturut-turut adalah 87,87% dan 91,92%. Dari analisis tes hasil belajar diperoleh bahwa 97% siswa mencapai skor lebih dari 70. Dan dari analisis angket respon siswa diperoleh bahwa lebih dari atau sama dengan 90% siswa memberikan respon positif terhadap tiap-tiap indikator yang ditanyakan dalam angket respon siswa, hal ini berarti siswa setuju dengan penerapan model pembelajaran MMP bernuansa kontekstual. Siswa merasa senang dan berharap bisa diterapkan pada kegiatan berikutnya. Berdasarkan kriteria kualitas perangkat pembelajaran yang telah terpenuhi, dihasilkan perangkat pembelajaran model pembelajaran MMP bernuansa kontekstual pada sub pokok bahasan kubus dan balok untuk siswa sekolah menengah pertama (SMP) kelas VIII yang layak dan dapat digunakan oleh guru tingkat SMP untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran MMP bernuansa kontekstual.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210101077;
dc.subjectMissouri Mathematics Project (MMP), Kontekstual, Kubus dan Baloken_US
dc.titlePENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) BERNUANSA KONTEKSTUAL PADA SUB POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK UNTUK SMP KELAS VIII SEMESTER GENAPen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record