Representasi Maskulinitas pada Iklan Scarlett Whitening Versy Soong Jong Ki (Analisis Semiotika Roland Barthes)
Abstract
Bahasa merupakan poin yang amat penting dalam penyampaian pesan
suatu iklan. Bahasa bertujuan untuk memudahkan orang lain agar mengerti
dengan apa yang kita bicarakan. Iklan sebagai salah satu produk perwujudan
budaya massa, yang bertujuan memperkenalkan dan menawarkan produk kepada
calon konsumen dan mempengaruhi dan menyuntikkan pesan-pesan tertentu di
dalamnya. Bahasa yang digunakan dalam iklan tentunya harus mampu
memengaruhi pola pikir penonton, sehingga mereka tertarik untuk mencoba dan
membeli produk yang ditawarkan. Penelitian tentang representasi maskulinitas
dalam iklan menjadi topik yang menarik untuk dijadikan objek kajian dalam ilmu
kebahasaan. Iklan Scarlett Whitening versi Song Joong Ki menjadi objek
penelitian karena iklan tersebut menampilkan wajah aktor Korea Selatan yang
terkenal dengan citra maskulinitasnya.
Tujuan penelitian (1) Mendeskripsikan tanda denotasi dan konotasi, serta
mitos dalam iklan Scarlett Whitening Versi Song Joong Ki; (2) Mendeskripsikan
bentuk representasi maskulinitas dalam iklan Scarlett Whitening Versi Song
Joong Ki; (3) Mendeskripsikan pemanfaatan hasil penelitian iklan Scarlett
Whitening Versi Song Joong Ki (analisis semiotika Roland Barthes) sebagai
alternatif pembelajaran Bahasa Indonesia kelas XII SMA.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif, dengan rancangan pendekatan yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Semiotika Roland Barthes untuk
mengungkapkan tanda makna konotasi, makna denotasi dan mitos. Hasil
penelitian menyebutkan iklan ini berbentuk video yang ditayangkan pada akun
Youtube bernama Scarlett Official dengan judul “Get Ready to Meet Song Joong
Ki's New Love”. berdurasi 1 menit dengan fokus pada Song Joong Ki sebagai
model iklan. Nilai maskulinitas yang terdapat dalam scene-scene dari iklan
Scarlett Whitening dijabarkan menjadi enam scene yang dianggap
menggambarkan nilai maskulinitas.
Kesimpulan (1) Ditemukan enam makna denotasi pada enam scene yang
dipilih dari iklan yang sifatnya langsung dapat dilihat dan mejelaskan hal yang
sebenarnya (objektif); (2) Ditemukan enam makna konotasi dalam enam scene
yang dipilih dari iklan Scarlett Whitening versi Song Joong Ki yang
mengungkapkan suatu hal yang subjektif, sesuai dengan pemikiran dari penulis.
serta dikuatkan oleh pembenaran atas pemaknaan dari penulis sendiri; (3) Mitos
yang terbangun dalam iklan Scarlett Whitening versi Song Joong Ki terbagi
menjadi 6 bagian; (5) Representasi maskulinitas dalam iklan Scarlett Whitening
versi Song Joong Ki termasuk dalam soft masculinity; dan (6) Hasil penelitian
dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran.