Pengembangan E-LKPD Berbasis Socio Scientific Issue untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa pada Pembelajaran IPA SMP
Abstract
Pembelajaran IPA saat ini harus mencerminkan pembelajaran abad 21
dimana salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki adalah komunikasi.
Bentuk komunikasi yang dapat diterapkan pada pembelajaran IPA di SMP adalah
argumentasi ilmiah yang memuat empat indikator yaitu claim, data, reasoning, dan
rebuttal. Kemampuan argumentasi ilmiah dalam proses pembelajaran memberikan
kesempatan kepada siswa untuk saling berpendapat dan menunjukkan sejauh mana
pemahaman konsep ilmiah yang mereka kuasai terkait materi yang sedang
dipelajari. Namun faktanya, kemampuan argumentasi ilmiah siswa dinilai masih
rendah yang dikarenakan kurangnya media pembelajaran yang interaktif dan
mengasah kemampuan argumentasi ilmiah siswa. Untuk mewujudkan hal tersebut
diperlukan media pembelajaran yang mendukung peningkatan kemampuan
argumentasi ilmiah, salah satunya yaitu E-LKPD berbasis socio-scientific issue
yang mendorong siswa untuk saling berpendapat dan menunjukkan sejauh mana
pemahaman konsep ilmiah yang mereka kuasai terkait materi yang didasarkan pada
isu-isu sosial kontroversial.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan
keefektifan E-LKPD berbasis socio scientific issue untuk meningkatkan
kemampuan argumentasi ilmiah siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian
pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari tahap analize,
design, develop, implement, dan evaluate. Teknik analisis data yang digunakan pada
penelitian ini yaitu pada analisis validitas menggunakan lembar validasi yang
dinilai oleh 3 validator untuk mengetahui kevalidan produk. Analisis kepraktisan
menggunakan lembar keterlaksanaan pembelajaran yang dinilai oleh 3 observer.
Analisis keefektifan dilakukan dengan tes berupa pretest dan posttest untuk
mengetahui keefektifan produk dalam meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah siswa yang diukur menggunakan N-gain, serta menggunakan anget respon
siswa setelah selesai melaksanakan pembelajaran menggunakan E-LKPD berbasis
socio scientific issue.
Hasil dari analisis validitas E-LKPD berbasis socio scientific issue dengan
menggunakan instrumen lembar validasi dari perhitungan rata-rata tiga validator
menunjukkan bahwa persentase validitas E-LKPD sebesar 86,43% dengan kriteria
sangat valid. Hasil dari analisis kepraktisan E-LKPD berbasis socio scientific issue
dengan menggunakan lembar observasi keterlaksanaan yang dilakukan oleh 3
observer memperoleh nilai rata-rata 85,17% dengan kriteria sangat praktis sehingga
dapat dinyatakan terlaksana dengan baik. Hasil efektivitas E-LKPD berbasis socio
scientific issue dilihat dari rata-rata pretest dan posttest menggunakan indikator
kemampuan argumentasi ilmiah menunjukkan peningkatan dengan nilai N-gain
sebesar 0,61 yang termasuk dalam kategori sedang, artinya setelah menggunakan
produk yang dikembangkan siswa mengalami peningkatan kemampuan
argumentasi ilmiah. Efektivitas produk yang dikembangkan juga ditentukan dari
angket respon siswa terhadap E-LKPD mendapat respon yang positif dengan nilai
sebesar 82,22% masuk ke dalam kategori sangat baik.
Kesimpulan dalam penelitian yang dilakukan yaitu produk E-LKPD
berbasis socio scientific issue untuk meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah
siswa SMP pada pembelajaran IPA menunjukkan hasil validitas dengan kategori
sangat valid, sangat praktis serta efektif. Oleh karena itu, produk E-LKPD berbasis
socio scientific issue dapat digunakan dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan
kemampuan argumentasi ilmiah siswa SMP.