• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Kepuasan Masyarakat dalam Pelayanan Administrasi J-Panorama di Kantor Kelurahan Sumbersari Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_2024_Bustomy Hadiansyah_170910201045_Administrasi Negara.pdf (1.867Mb)
    Date
    2024-01-31
    Author
    HADIANSYAH, Bustomy
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pelayanan publik memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat sehingga kebutuhan akan pelayanan publik terus berkembang dan berubah dari waktu ke waktu yang berdampak pada tuntutan masyarakat terhadap pelayanan publik juga semakin meningkat. Inovasi pelayanan sangat penting untuk dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan. Pada era digital ini, inovasi pelayanan publik dilakukan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi. J-Panorama (Pelayanan Online Berbasis Google Form dan WhatsApp) merupakan salah satu bentuk inovasi pelayanan publik yang dilakukan dengan memanfaatkan teknologi informasi dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik. Pelayanan JPanorama pada kenyataannya masih jauh dari kata sempurna sehingga pengukuran kepuasan masyarakat perlu dilakukan sebagai bahan evaluasi terhadap pelaksanaan pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kepuasan masyarakat melalui indeks kepuasan masyarakat terhadap pelayanan administrasi J-Panorama di Kantor Kelurahan Sumbersari, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan di Kantor Kelurahan Sumbersari pada bulan Januari-Februari 2024. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat pengguna pelayanan J-Panorama dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan survei, observasi, dan studi dokumen. Survei kepuasan masyarakat dalam penelitian ini berdasarkan teori pelayanan publik Sinambela (2011). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan masyarakat terhadap pelayanan administrasi J-Panorama berada pada kategori “Puas” sedangkan pada penilaian tiap unsur, yang menjadi prioritas dalam peningkatan kualitas pelayanan yaitu pada unsur transparansi, kondisional, dan keseimbangan hak dan kewajiban karena terdapat indikator pernyataan yang berada pada kategori “Kurang Puas”
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121378
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5688]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository