• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Pasuruan pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel ditinjau dari Gaya Belajar

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi watermark repository.pdf (1020.Kb)
    Date
    2023-11-22
    Author
    RELIGIANI, Derma Titah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Koneksi matematis adalah hubungan antara topik matematika dengan topik matematika yang lain, dengan disiplin ilmu lain, dan dengan kehidupan seharihari. Aspek koneksi matematis dalam penelitian ini adalah Persamaan Linier Satu Variabel dengan konsep luas dan keliling persegi panjang, Persamaan Linier Satu Variabel dengan konsep kecepatan, dan Persamaan Linier Satu Variabel dengan kehidupan sehari-hari. Gaya belajar merupakan suatu cara yang disukai oleh peserta didik dalam menerima atau menyerap informasi. Gaya belajar dalam penelitian ini menggunakan tiga jenis gaya belajar, yaitu gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Pasuruan ditinjau dari gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII pada materi Persamaan Linier Satu Variabel ditinjau dari gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 8 Pasuruan pada bulan Agustus 2023. Subjek pada penelitian ini adalah 6 siswa kelas VIII E dimana 2 siswa bergaya belajar visual, 2 siswa bergaya belajar auditorial, dan 2 siswa bergaya belajar kinestetik. Subjek dalam penelitian ini dipilih setelah siswa mengerjakan angket gaya belajar dan dipilih berdasarkan rekomendasi dari guru pengajar. Keenam subjek kemudian diberikan tes koneksi matematis untuk dianalisis tingkat kemampuan koneksi matematisnya dan dilakukan wawancara kepada keenam subjek penelitian. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar visual keduanya memiliki tingkat kemampuan koneksi matematis yang tinggi, siswa dengan gaya belajar auditorial keduanya memiliki tingkat kemampuan koneksi DIGITAL REPOSITORY UNIVERSITAS JEMBER DIGITAL REPOSITORY UNIVERSITAS JEMBER viii matematis sedang, sedangkan siswa dengan gaya belajar kinestetik memiliki tingkat kemampuan koneksi matematis yang berbeda. Satu siswa memiliki tingkat kemampuan koneksi matematis tinggi dan satu siswa lainnya memiliki tingkat kemampuan koneksi matematis sedang. Penelitian ini memiliki kelemahan dimana subjek hanya diambil 2 dari masing-masing gaya belajar dan berdasarkan rekomendasi dari guru pengajar, hal ini memungkinkan adanya siswa yang mungkin memiliki kemampuan koneksi matematis tinggi tetapi tidak dijadikan sebagai subjek penelitian. Selain itu, gaya belajar yang digunakan dalam penelitian ini hanya 3 gaya belajar saja, yaitu gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Untuk itu disarankan kepada pihak lain yang akan melakukan pengembangan lebih lanjut dapat mengkaji lebih dalam mengenai kelemahan dalam penelitian ini.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121373
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository