Show simple item record

dc.contributor.authorARROSYIDAH, Qonita
dc.date.accessioned2024-06-11T07:41:41Z
dc.date.available2024-06-11T07:41:41Z
dc.date.issued2024-03-22
dc.identifier.nim200210102112en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121352
dc.description.abstractPembelajaran fisika pada kurikulum merdeka termasuk dalam adaptasi dari kompetensi abad 21 yang menuntut siswa untuk lebih aktif dan mengembangkan keterampilan berpikirnya. Salah satu materi fisika yang perlu dipahami oleh siswa yaitu fluida dinamis karena sangat berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Rendahnya minat dan kemampuan berpikir kritis akan berpengaruh terhadap nilai siswa yang disebabkan oleh kegiatan pembelajaran yang pasif sehingga diperlukan inovasi dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi awal di SMA Negeri Klakah, siswa memberi pernyataan bahwa pembelajaran fisika masih menggunakan metode ceramah dan diskusi. Model pembelajaran PBL kurang diterapkan sebaik mungkin. Model pembelajaran Problem Based Learning disertai video animasi dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan minat dan kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh signifikan penerapan model PBL disertai video animasi terhadap minat materi fluida dinamis pada siswa SMA; mengkaji pengaruh signifikan penerapan model PBL disertai video animasi disertai terhadap kemampuan berpikir kritis materi fluida dinamis pada siswa SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian true eksperimen dengan menggunakan group design. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri Klakah pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Subjek pada penelitian ini merupakan seluruh populasi yaitu kelas XI 5 dan XI 6 dengan masing-masing kelas terdiri atas 28 siswa. Kelas XI 5 sebagai kelas kontrol, dan kelas XI 6 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data penelitian yaitu wawancara, observasi, angket, tes (post-test), dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu uji analisis deksriptif statistik, uji normalitas dan uji hipotesis (independet sample t-test). Hasil analisis data minat siswa setelah dilakukan uji analisis statistik dekstiptif kemudian dilakukan uji normalitas yaitu data berdistribusi normal, sehingga dapat dilanjutkan dengan uji independent sample t-test. Hasil uji independet smple t-test pada minat diperoleh Sig.(2-tailed) sebesar 0,001 atau Sig.(2-tailed) 0,05. Maka pengambilan keputusan ditolak dan diterima. Sehingga, ada perbedaan signifikan minat antara kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah pembelajaran dilakukan. Bedasarkan hasil uji independent sample t-test pada nilai pre-test kemampuan berpikir kritis diperoleh Sig.(2-tailed) sebesar 0,558 atau Sig.(2-tailed) > 0,05. Sehingga, tidak ada perbedaan signifikan nilai pre-test kelas kontrol dan kelas eksperimen sebelum pembelajaran dilakukan. Hasil uji independent sample t-test pada nilai post-test kemampuan berpikir kritis diperoleh Sig.(2-tailed) sebesar 0,041 Sig.(2-tailed) 0,05. Pengambilan keputusan ditolak dan diterima. Sehingga, ada perbedaan signifikan nilai post-test kemampuan berpikir kritis kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah pembelajaran dilakukan. Bedasarkan analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan penelitian ini terdapat pengaruh signifikan penerapan model Problem Based Learning disertai video animasi terhadap minat materi fluida dinamis SMA; terdapat pengaruh signifikan penerapan model Problem Based Learning disertai video animasi terhadap kemampuan berpikir kritis materi fluida dinamis SMAen_US
dc.description.sponsorshipPembimbing Utama Prof. Dr. Ir. Bambang Sujanarko M.M., IPM. Pembimbing Anggota Drs. Subiki, M.Kes., M.C.E.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectModel problem based learningen_US
dc.subjectVideo animasien_US
dc.subjectMinat belajaren_US
dc.subjectKemampuan berpikir kritisen_US
dc.subjectFluida dinamisen_US
dc.titlePengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Disertai Video Animasi Terhadap Minat dan Kemampuan Berpikir Kritis Materi Fluida Dinamis SMAen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Fisikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. Ir. Bambang Sujanarko M.M., IPM.en_US
dc.identifier.pembimbing2Drs. Subiki, M.Kes., M.C.E.en_US
dc.identifier.validatorKacung- 18 April 2024en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2024_06_tanggal 11en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record