Show simple item record

dc.contributor.authorAly, Lathifa
dc.date.accessioned2024-06-11T07:00:35Z
dc.date.available2024-06-11T07:00:35Z
dc.date.issued2024-03-26
dc.identifier.nim200210204005en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121340
dc.description.abstractPermasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah hasil belajar pada pembelajaran IPA bagian tubuh tumbuhan dan fungsinya secara klasikal masih di bawah rata-rata yaitu 39 dengan kriteria kurang baik. Sedangkan untuk keterampilan abad 21 khususnya collaboration skill belum berjalan dengan baik, hal ini diperkuat dengan data collaboration skill secara klasikal sebesar 45% dengan kriteria sedang. Model pembelajaran yang biasa digunakan seperti, PBL, PjBL dan diskusi kelompok kecil dengan metode ceramah. Proses pembelajaran yang berlangsung belum memenuhi kebutuhan belajar peserta didik, akibatnya peserta didik kurang aktif, cenderung suka bercanda, membuat ulah saat berkelompok, dan peserta didik kesulitan memahami materi karena bosan disebabkan tidak adanya variasi dalam pembelajaran. Jika pembelajaran seperti ini terus dilakukan maka collaboration skill dan hasil belajar peserta didik akan menurun. Bersumber pada permasalahan tersebut, untuk meningkatkan collaboration skill dan hasil belajar sekaligus memenuhi kebutuhan peserta didik maka hendak diterapkan pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian dilaksanakan di SDN Ambulu 01 tahun akademik 2023/2024 semester genap dengan subjek kelas IV C sebanyak 23 peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) selama 2 siklus dengan 2 kali pertemuan disetiap siklusnya. Metode pengumpulan data collaboration skill diperoleh dari hasil observasi pelaksanaan pembelajaran dan data hasil belajar peserta didik diperoleh dari hasil tes setelah dilaksanakan siklus. Adapun teknik analisis data yang diguanakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dan analisis data statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi menunjukkan bahwa terdapat peningkatan collaboration skill dan hasil belajar yang signifikan setelah dilaksanakannya siklus I dan siklus II. Collaboration skill siklus I secara klasikal sebesar 56% dengan kriteria sedang, kemudian pada siklus II meningkat 17% menjadi 73% dengan kriteria tinggi. Adapun hasil belajar siklus I secara klasikal memiliki rata-rata sebesar 56 dengan kriteria kurang baik, kemudian pada siklus II rata-rata hasil belajar secara klasikal meningkat menjadi 78 dengan kriteria baik. Bersumber dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa, dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan collaboration skill dan hasil belajar peserta didik kelas IV pada materi bagian tubuh tumbuhan dan fungsinya SDN Ambulu 01.en_US
dc.description.sponsorship. Pembimbing Utama Drs. Nuriman, Ph.D. Pembimbing Anggota Arik Aguk Wardoyo, S.Pd., M.Pfis.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPeningkatan Collaboration Skillen_US
dc.subjectPembelajaran Berdiferensiasien_US
dc.subjectTubuh Tumbuhanen_US
dc.titlePeningkatan Collaboration Skill dan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Bagian Tubuh Tumbuhan dan Fungsinya Kelas IV SDN Ambulu 01en_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Drs. Nuriman, Ph.D.en_US
dc.identifier.pembimbing2Arik Aguk Wardoyo, S.Pd., M.Pfisen_US
dc.identifier.validatorKacung- 5 April 2024en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2024_06_tanggal 11en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record