Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Bab 3 Gaya di Sekitar Kita dengan Menggunakan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) di SDN Karangpring 03 Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi adanya kekurangan dalam aktivitas dan hasil belajar siswa sehingga perlu usaha untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada Bab 3 Gaya di Sekitar Kita di SDN Karangpring 03 Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas sebagai langkah tindakan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran serta melihat pengaruh terhadap hasil belajar. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SDN Karangpring 03 Jember. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengumpulan data berupa observasi, tes, dan wawancara. Hasil yang diperoleh setelah dilakukan penelitian menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament lebih efektif bila dibandingkan menggunakan model sebelumnya. Serta respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran tipe Team Games Tournament termasuk dalam kategori sangat baik dan dapat memberikan kenaikan aktivitas dan hasil belajar siswa yang kurang memuaskan dengan ini dapat membantu dan menjadi alternatif model yang dapat dilakukan dalam mencapai hasil yang diharapkan dalam kelas. Siswa yang awalnya kurang berminat dalam pembelajaran dengan membuat gaduh di kelas akhirnya dapat berkurang. Sehingga dapat dikatakan bahwa model pembelajaran Team Games Tournament sangat efektif dan praktis digunakan dalam pembelajaran.