Analisis Integrasi Keterampilan Abad 21 dalam Buku Teks Ekonomi Kelas XII SMA/MA
Abstract
Keterampilan abad 21 merupakan keterampilan yang dibutuhkan untuk
mampu bertahan dan menghadapi tantangan global. Keterampilan ini perlu
ditekankan pada peserta didik dengan maksud untuk mempersiapkan diri menjadi
individu yang berkualitas dan berdaya saing tinggi guna menghadapi tantangan
global. Keterampilan tersebut meliputi keterampilan berpikir kritis (critical
thinking skills), keterampilan berpikir kreatif (creative thinking skills),
keterampilan komunikasi (communication skills) dan keterampilan kolaborasi
(collaboration skills) atau yang biasa dikenal dengan keterampilan 4C.
Keempat keterampilan tersebut penting diaplikasikan dalam kegiatan
pembelajaran salah satunya melalui sumber belajar. Sumber belajar merupakan
salah satu unsur penting dalam kegiatan pembelajaran. Sumber belajar menjadi
sumber informasi dan pengetahuan bagi peserta didik. Salah satu sumber belajar
yang sampai saat ini wajib digunakan adalah buku teks.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Penelitian
kuantitatif deskriptif menekankan pada pendeskripsian dan penafsiran objek
penelitian yang dalam hal ini adalah integrasi keterampilan abad 21 yang disajikan
dalam bentuk angka. Data yang akan dianalisis dan dihasilkan berupa persentase
indikator masing-masing keterampilan 4C yang termuat dalam komponen isi buku
teks yang meliputi isi materi, tugas dan soal latihan yang ada pada buku teks.
sumber data berupa buku teks Ekonomi kelas XII SMA/MA karangan Herlan
Firmasyah dan Diana Nurdiasyah terbitan Grafindo Media Pratama tahun 2019 dan
hasil wawancara bersama guru kelas XII SMAN Mumbulsari Jember. Metode
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi dokumen
dengan mencari informasi terkait keberadaan indikator keterampilan 4C yang ada pada komponen buku teks. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian
ini adalah statistik deskriptif dengan teknik persentase. Data yang diperoleh berupa
persentase perhitungan penilaian buku teks berdasarkan kriteria indikator
keterampilan 4C yang selanjutnya dianalisis dan dideskripsikan sesuai dengan hasil
perolehan data.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa buku teks Ekonomi kelas XII
SMA/MA karangan Herlan Firmansyah dan Diana Nurdiansyah terbitan Grafindo
Media Pratama tahun 2019 mengintegrasikan keterampilan abad 21 meliputi
keterampilan komunikasi yang memperoleh persentase sebesar 100% dengan
kriteria sangat baik, keterampilan kolaborasi yang memperoleh persentase sebesar
100% dengan kriteria sangat baik, keterampilan berpikir kreatif yang memperoleh
persentase sebesar 83,5% dengan kriteria sangat baik dan keterampilan berpikir
kritis yang memperoleh persentase sebesar 75% dengan kriteria baik.
Keterampilan komunikasi dan kolaborasi memperoleh persentase sebesar
100% dengan kriteria sangat baik dikarenakan semua indikator keterampilan
komunikasi dan kolaborasi ditemukan dalam komponen buku teks, sedangkan
keterampilan berpikir kritis memperoleh persentase sebesar 75% dengan kriteria
baik dikarenakan indikator keterampilan berpikir kritis yakni membuat solusi dan
menyelesaikan masalah hanya ditemukan pada 1 bab materi Akuntansi Sebagai
Sistem Informasi, sedangkan pada bab 2 sampai bab 6 materi yang dibahas terkait
persamaan dasar akuntansi dan siklus akuntansi yang mana tugas dan soal latihan
yang ada pada bab tersebut berkaitan dengan pencatatan persamaan dasar akuntansi
dan siklus akuntansi, sehingga tidak ditemukan tugas dan soal latihan yang
menunjang indikator membuat solusi dan menyelesaikan masalah. Oleh karena itu
guru menggunakan model pembelajaran berbasis masalah untuk membantu
menunjang keterampilan berpikir kritis peserta didik. Pihak sekolah juga dapat
membantu dengan menyediakan sumber belajar yang lebih bervariasi yang dapat
menunjang peserta didik untuk melatih keterampilan abad 21.