Show simple item record

dc.contributor.authorABDUROKHIM, Rizky
dc.date.accessioned2024-06-04T22:34:37Z
dc.date.available2024-06-04T22:34:37Z
dc.date.issued2023-06-16
dc.identifier.nim190210301095en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120965
dc.descriptionvalidasi_repo_firli_Desember_2023_6 Finalisasi unggah file repositori tanggal 5 Juni 2024_Kurnadien_US
dc.description.abstractPenerapan media pembelajaran berbasis video animasi dalam proses pembelajaran mampu meningkatkan antusiasme dan memudahkan peserta didik untuk memahami isi pembelajaran sehingga mampu mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan, oleh sebab itu diperlukan adanya pengembangan media pembelajaran yang modern. Media pembelajaran yang selama ini digunakan di kelas X Pemasaran SMKN 1 Jember pada mata pelajaran program keahlian tahun ajaran 2022/2023 belum seluruhnya memadukan TIK, sehingga peneliti akan menambahkan media pembelajaran yang berbasis TIK berupa video animasi. Pendidik masih memakai media berupa buku paket, LKS, Microsoft Power Point dan media Canva untuk melakukan sebuah pembelajaran, yang dimana notabennya buku paket, LKS, Microsoft Power Point dan Canva ini masih menjadi pilihan utama untuk media pembelajaran pada saat ini, yang di dalamnya memiliki kelemahan yaitu media pembelajaran masih kurang menarik dalam segi tampilan karena cenderung berisikan teks secara penuh. Maka dari itu pengembangan media pembelajaran berbasis TIK yang berupa media berbasis video animasi sangat perlu dikembangakan guna meningkatkan ketertarikan peserta didik dalam melakukan belajar mengajar, maka dari itu peneliti membantu pendidik untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis video animasi, dengan adanya pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi ini diharapkan peserta didik mampu menerima pembelajaran dengan mudah. Pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi yang dikembangkan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terbagi menjadi 5 tahapan yaitu Analisis (Analysis), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Uji coba produk dilaksanakan sebanyak satu kali yaitu pada kelompok terbatas yang dilaksanakan setelah proses uji kelayakan produk oleh tim ahli materi dan ahli media. Uji coba kelompok terbatas dilakukan pada peserta didik kelas X pemasaran SMK Negeri 1 Jember sebanyak 10 peserta didik dari kelas X Pemasaran di SMKN 1 Jember yang diambil secara acak dengan pertimbangan pemilihan mencakupi peserta didik kurang pintar sampai peserta didik yang terpintar sebagai peserta uji coba kelompok terbatas dari kelas X Pemasaran di SMKN 1 Jember. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji tingkat kelayakan dan uji tingkat kemenarikan. Hasil uji kelayakan materi memperoleh skor sebesar 94% hasil tersebut menunjukkan bahwa bahan ajar yang telah dikembangkan dalam kategori sangat layak diuji cobakan. Hasil uji kelayakan media sebesar 85% hasil tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis video animasi yang telah dikembangkan dalam kategori sangat layak diuji cobakan. Hasil kemenarikan pada uji coba kelompok terbatas yaitu masing-masing sebesar 89,37% persentase tersebut termasuk dalam kategori sangat menarik. Berdasarkan hasil yang telah dikemukakan diatas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis video animasi yang dikembangkan sangat layak dan menarik dari media pembelajaran sebelumnya untuk digunakan pada materi perilaku konsumen pada kelas X pemasaran SMK Negeri 1 Jember.en_US
dc.description.sponsorship1. Drs. Joko Widodo, M.M. 2. Dr. Retna Ngesti Sedyati, M.P.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectMedia Pembelajaranen_US
dc.subjectADDIEen_US
dc.subjectPerilaku Konsumenen_US
dc.titlePengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Materi Perilaku Konsumen pada Peserta Didik Kelas X Pemasaran SMKN 1 Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Ekonomien_US
dc.identifier.pembimbing1Drs. Joko Widodo, M.M.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Retna Ngesti Sedyati, M.P.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_Desember_2023_6en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record