Show simple item record

dc.contributor.authorSAFITRI, Dayinta Briliana
dc.date.accessioned2024-06-03T03:40:56Z
dc.date.available2024-06-03T03:40:56Z
dc.date.issued2023-11-02
dc.identifier.nim190210301027en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120814
dc.descriptionvalidasi_repo_firli_Desember_2023_18en_US
dc.description.abstractKeberhasilan pembelajaran dipengaruhi oleh beberapa komponen seperti model, metode, media, dan hasil belajar. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan sebelumnya, didapatkan bahwa guru masih menerapkan model diskusi kelompok yang menyebabkan hasil belajar kognitif siswa kelas X cenderung rendah. Upaya yang mungkin dapat membangun kegiatan belajar yang menarik serta hasil belajar yang merata yakni dengan merancang pembelajaran student centered dengan memanfaatkan model dan media pembelajaran sesuai dengan kondisi siswa. Beberapa model pembelajaran dapat diimplementasikan sebagai solusi atas permasalahan rendahnya hasil belajar siswa, salah satunya adalah game based learning (Kusmiyati dkk, 2021). Untuk mendukung penerapan model pembelajaran guru memerlukan media. Media tersebut diharapkan mampu mempermudah siswa dalam memahami materi pembelajaran. Media pembelajaran berbasis game yang menyenangkan dan bisa diterapkan secara optimal menurut Fanny (dalam Riadin, 2022) adalah wordwall game kuis. Wordwall termasuk kategori game edukasi yang didesain dengan kolaborasi warna dan gambar yang menarik sehingga dapat dijadikan pilihan untuk membangun suasana belajar yang aktif. Peneliti menerapkan jenis penelitian quasi experiment berpola nonequivalent control group design. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan 2 model pembelajaran dan 2 kelas. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran game based learning berbantuan media wordwall dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran cooperative learning. Pengambilan data penelitian diambil dari observasi, tes, dan wawancara. Peneliti menentukan subjek penelitian menggunakan cara purposive sampling yang didapat dari nilai rata-rata kelas yang kemudian diuji homogenitasnya. Subjek penelitian yaitu kelas X-1 dan X-3 sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil pretest siswa pada kelas eksperimen yakni sebesar 71,61 dan hasil posttest mencapai 80,38. Sedangkan pada kelas kontrol, rata-rata hasil pretest siswa yakni 71,16, dan hasil posttest yakni 73,83. Hal tersebut menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Hal lain yang menjadi tolak ukur terdapat pada jumlah siswa yang tuntas dalam mengerjakan soal posttest. Pada kelas eksperimen, sebanyak 32 (89%) siswa tuntas, sedangkan pada kelas kontrol, jumlah siswa yang tuntas yakni 18 (50%) siswa. Berdasarkan hasil uji prasyarat yang dilakukan, maka dilakukan uji hipotesis melalui uji Independent Sample T-Test. Berdasarkan hasil uji hipotesis, terlihat bahwa nilai signifikan (2-tailed) < 0,05 yaitu sebesar 0,000 yang berarti bahwa H1 diterima dan H0 ditolak atau dinyatakan bahwa ditemukan adanya perbedaan hasil belajar ekonomi antara siswa yang diberikan pembelajaran menggunakan model game based learning dengan menggunakan model cooperative learning.en_US
dc.description.sponsorshipDr. Sukidin, M.Pd Dwi Herlindawati, S.Pd., M.Pden_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectGame Based Learningen_US
dc.subjectCooperative Learningen_US
dc.subjectModel Pembelajaranen_US
dc.subjectMedia Pembelajaranen_US
dc.titlePerbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Game Based Learning Berbantuan Media Wordwall Dengan Model Cooperative Learning (Studi Kasus pada Siswa Kelas X SMAN Jenggawah Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2023/2024en_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Ekonomien_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Sukidin, M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Dwi Herlindawati, S.Pd.,M.Pden_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_Desember_2023_18en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2024_06_tanggal 03en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record