• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Updated D&M Information Systems Success Model Aplikasi BRIMO (Studi Kasus pada Mahasiswa Magang MBKM MSIB)

    Thumbnail
    View/Open
    200810301054_SKRIPSI FINAL watermark.pdf (948.6Kb)
    Date
    2023-11-07
    Author
    AJIHAH, Sofia Nuur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Aplikasi BRImo merupakan layanan mobile banking yang dimiliki Bank BRI dengan memanfaatkan teknologi multichannel delivery yang mendukung perbankan digital. Aplikasi ini hadir untuk memfasilitasi peningkatkan fleksibilitas nasabah dalam melakukan transaksi ataupun mengakses rekening. Fitur yang tersedia lengkap dari seluruh channel di Automatic Teller Machine (ATM), Internet Banking dan SMS Banking untuk melayani pengguna dalam bertransaksi di BRI. Analisis tingkat kesuksesan aplikasi penting untuk mengukur pemanfaatan aplikasi sesuai dengan capaian tujuan. Penelitian menggunakan pendekatan metodologi kuantitatif deskriptif dengan objek Aplikasi BRImo. Implementasi teori D&M Information Systems Success Model untuk menilai kesuksesan aplikasi dengan subjek mahasiswa magang MBKM MSIB. Pengambilan sampel penelitian secara probabilistic sampling menggunakan simple random sampling, sehingga memberi keseluruhan anggota sampel memiliki peluang yang sama untuk terambil. Upaya memperoleh data dengan menyebarkan kuesioner online dengan bantuan google form. Sejumlah 224 jawaban terkumpul, kemudian secara acak diambil 220 jawaban sebagai sampel. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini memanfaatkan Analysis of Moment Structures (AMOS). Kesuksesan sistem dianalisa menggunakan D&M Information Systems Success Model yang mengukur multivariat: system quality (kualitas sistem), information quality (kualitas informasi) dan service quality (kualitas layanan), dimana ketiga variabel kualitas tersebut memengaruhi intent to use/use (niat untuk menggunakan/menggunakan) dan user satisfaction (kepuasan pengguna), selanjutnya user satisfaction serta intent to use/use berkorelasi dengan net benefit atau kebermanfaatan bersih. Berdasarkan hasil, tidak terdapat pengaruh positif system quality dari BRImo dengan transact mahasiswa magang MBKM MSIB, terdapat pengaruh positif system quality dari BRImo dengan user satisfaction mahasiswa magang MBKM MSIB, tidak terdapat pengaruh positif information quality dari BRImo dengan transact mahasiswa magang MBKM MSIB, tidak terdapat pengaruh positif information quality dari BRImo dengan user satisfaction mahasiswa magang MBKM MSIB, terdapat pengaruh positif service quality dari BRImo dengan transact mahasiswa magang MBKM MSIB, terdapat pengaruh positif service quality dari BRImo dengan user satisfaction mahasiswa magang MBKM MSIB, terdapat pengaruh positif user satisfaction dengan transact mahasiswa magang MBKM MSIB, terdapat pengaruh positif transact dengan user satisfaction mahasiswa magang MBKM MSIB, terdapat pengaruh positif transact mahasiswa magang MBKM MSIB dengan net benefit, terdapat pengaruh positif user satisfaction dengan net benefit. Hal ini menunjukkan bahwa BRImo belum sepenuhnya sukses pada mahasiswa magang MBKM MSIB.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120810
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12394]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository