Pengembangan LKPD Berbasis Question Prompt Scaffolding untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Ilmiah dan Hasil Belajar Siswa SMP pada Pembelajaran IPA
Abstract
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) ialah ilmu yang mempelajari gejala alam berupa fakta, konsep dan hukum yang kebenarannya telah terbukti karena adanya penelitian yang dapat dipelajari dengan melakukan eksperimen, observasi, menyimpulkan dan menyusun teori, dan saling berkaitan antara cara satu dengan cara yang lain. Pembelajaran IPA mengajarkan pengalaman pembelajaran secara langsung sehingga dapat memberikan peningkatan kompetensi dan dapat mempedulikan alam sekitarnya dengan cara ilmiah.
Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan keefektifan LKPD berbasis question prompt scaffolding untuk meningkatkan keterampilan menulis ilmiah dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE melalui tahapan-tahapan yaitu: 1) analyze, 2) design, 3) develop, 4) implement, 5) evaluate.
Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu angket berupa lembar validasi dan lembar keterlaksanaan kegiatan pembelajaran. Teknik pemerolehan data dengan menggunakan tes berupa soal pretest dan posttest, unjuk kerja siswa, observasi, dan wawancara. Teknik analisa data dengan menganalisis validasi LKPD yang dikembangkan, menganalisis kepraktisan LKPD yang dikembangkan, dan menganalisis keefektifan LKPD yang dikembangkan untuk meningkatkan keterampilan menulis ilmiah serta hasil belajar siswa. Analisis tersebut kemudian menghasilkan data berupa valid tidaknya LKPD yang dikembangkan, kepraktisan kegiatan pembelajaran dengan LKPD, dan eefektifan LKPD untuk meningkatkan keterampilan menulis ilmiah serta hasil belajar siswa.
Hasil yang diperoleh dari pengembangan LKPD berbasis question prompt scaffolding yaitu, hasil analisis validitas LKPD berbasis question prompt scaffolding pada materi sistem pernapasan manusia mendapatkan rata-rata nilai 86.17% dengan kategori valid dan dapat digunakan tanpa revisi dalam pembelajaran IPA. Hasil analisis keterlaksanaan pembelajaran menggunakan LKPD berbasis question prompt scaffolding pada materi sistem pernapasan manusia mendapatkan rata-rata nilai 97.08% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka LKPD yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran IPA di SMP. Hasil analisis keefektifan LKPD berbasis question prompt scaffolding pada materi sistem pernapasan manusia untuk meningkatkan keterampilan menulis ilmiah menunjukkan peningkatan skor N-gain pada setiap pertemuan. Skor N-gain pada siklus 1 ke siklus 2 termasuk dalam kategori sedang kecuali pada indikator sebab akibat, sedangkan pada siklus 2 ke siklus 3 didapatkan skor N-gain dengan kriteria sedang pada semua indikator, dan pada siklus 3 ke siklus 4 didapatkan skor N-gain dengan kriteria tinggi pada semua indikator. Hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa penggunaan LKPD berbasis question prompt scaffolding pada materi sistem pernapasan manusia dapat meningkatkan keterampilan menulis ilmiah siswa dalam pembelajaran IPA di SMP. Hasil analisis keefektifan LKPD berbasis question prompt scaffolding pada materi sistem pernapasan manusia untuk meningkatkan hasil belajar siswa mendapatkan skor N-gain sebesar 0.81 yang termasuk dalam kriteria tinggi. Hasil tersebut menunjukkan bahwa LKPD berbasis question prompt scaffolding pada materi sistem pernapasan manusia dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA pada materi sistem pernapasan manusia.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu validitas LKPD berbasis question prompt scaffolding pada materi sistem pernapasan manusia yang dikembangkan termasuk dalam kriteria valid dan dan sangat praktis sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Penggunaan LKPD dalam kegiatan pembelajaran IPA juga dapat meningkatkan keterampilan menulis ilmiah dan hasil belajar siswa SMP pada materi sistem pernapasan manusia.