Show simple item record

dc.contributor.authorFITRI, Nurul
dc.date.accessioned2024-05-27T07:49:31Z
dc.date.available2024-05-27T07:49:31Z
dc.date.issued2023-07-05
dc.identifier.nim190210204248en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120687
dc.descriptionvalidasi_repo_firli_november_2023_14 Finalisasi unggah file repositori tanggal 27 Mei 2024_Kurnadien_US
dc.description.abstractPerkembangan teknologi yang semakin canggih dapat memberikan pembelajaran yang lebih terkini. Banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran, salah satunya adalah aplikasi sparkol videoscribe. Media pembelajaran adalah salah satu alat bantu yang dapat digunakan untuk meningkatkan perbaikan kualitas pembelajaran peserta didik. Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan dengan guru kelas III SDN Karangrejo 03 Jember bahwa guru belum pernah membuat media pembelajaran berbantuan aplikasi, sehingga pada penelitian ini dilakukan pengembangan media pembelajaran dengan berbantuan aplikasi sparkol videoscribe pada materi pecahan. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: (1) bagaimanakah proses pengembangan media pembelajaran sparkol videoscribe untuk mengefektifkan pembelajaran materi pecahan peserta didik kelas III SDN Karangrejo 03 Jember yang valid, efektif, dan praktis?; dan (2) bagaimanakah kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan media pembelajaran sparkol videoscribe untuk mengefektifkan pembelajaran materi pecahan peserta didik kelas III SDN Karangrejo 03 Jember?. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan model Borg and Gall. Penelitian ini terdiri dari 10 tahapan, tetapi hanya dilakukan sampai tahapan 8 saja untuk mengetahui kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan produk. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian adalah kelas III A dan III B SDN Karangrejo 03 Jember yang berjumlah 52 peserta didik. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, angket, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan dianalisis untuk mengetahui kevalidan dengan hasil validasi para ahli, keefektifan dengan uji t-test dan uji keefektifan relatif, serta kepraktisan menggunakan data angket respon peserta didik. Proses pengembangan media pembelajaran sparkol videoscribe terlebih dahulu melakukan observasi yaitu mencari informasi di lapangan, kemudian membuat dan mengembangkan produk serta melakukan validasi kepada para validator ahli. Saran dan komentar dari para validator ahli menjadi bahan untuk perbaikan produk, selanjutnya melakukan uji coba penggunaan produk yang dilakukan pada 20 peserta didik SDN Banjarsengon 01 Jember. Melakukan uji homogenitas dengan bertujuan untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan tenik sampel acak sederhana. Memberikan pretest untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik, dan selanjutnya memberikan treatment berupa produk yang dihasilkan. Setelah memberikan treatment, kemudian melakukan posttest untuk mengetahui hasil belajar yang dicapai peserta didik setelah pembelajaran dan untuk mengukur keefektifan produk serta memberikan angket respon untuk mendapatkan data kepraktisan dari produk yang digunakan. Hasil pengembangan media pembelajaran sparkol videoscribe telah memenuhi tiga kriteria yaitu: (1) valid, berdasarkan hasil analisis data validasi dari tiga validator mendapatkan skor 94,5 termasuk kategori sangat layak; (2) efektif, berdasarkan hasil perhitungan uji t pada ranah kognitif thitung > ttabel (5,8467 > 1,676). Sedangkan, analisis keefektifan relatif menunjukkan hasil 62,05% bagian yang dipengaruhi media pembelajaran sparkol videoscribe, yang artinya 37,95% bagian dipengaruhi oleh faktor lain; (3) praktis, hasil uji kepraktisan yang dilakukan melalui angket respon peserta didik memperoleh skor 95% termasuk dalam kategori sangat praktis. Media pembelajaran sparkol videoscribe dapat dikatakan media pembelajaran yang sangat praktis yaitu termasuk dalam media yang mudah dalam penggunaanya, tampilan yang menarik, dan tata bahasa yang mudah dipahami. Berdasarkan pemaparan di atas, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran sparkol videoscribe valid, efektif, dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran karena memiliki pengaruh lebih efektif dari media pembelajaran yang digunakan sebelumnya.en_US
dc.description.sponsorship1. Prof. Dr. M. Sulthon, M.Pden_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectMedia Pembelajaranen_US
dc.subjectSparkol Videoscribeen_US
dc.subjectMateri Pecahanen_US
dc.titlePengembangan Media Pembelajaran Sparkol Videoscribe untuk Mengefektifkan Pembelajaran Materi Pecahan pada Peserta Didik Kelas III SDN Karangrejo 03 Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. M. Sulthon Masyhud, M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Ridho Alfarisi, S.Pd., M.Sien_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_november_2023_14en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record