Show simple item record

dc.contributor.authorNASRULLAH, Nivia
dc.date.accessioned2024-05-25T22:51:02Z
dc.date.available2024-05-25T22:51:02Z
dc.date.issued2023-07-12
dc.identifier.nim190210204021en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120643
dc.descriptionvalidasi_repo_firli_november_2023_14 Finalisasi repositori tanggal 26 Mei 2024_Kurnadien_US
dc.description.abstractAdanya perubahan kurikulum dan perkembangan teknologi menuntut implementasi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan zaman. Penerapan perubahan kurikulum dapat dilakukan saat pelaksanaan pembelajaran di kelas. Problematika pada pembelajaran matematika kelas V SDN di Kebalenan Banyuwangi adalah kurangnya variasi bahan ajar dan kesulitan mengidentifikasi bangun ruang bagi peserta didik. Permasalahan tersebut mengakibatkan nilai hasil belajar masih belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Variasi bahan ajar yang dapat digunakan seperti modul, LKPD, tayangan, buku ajar, dan lain-lain. LKPD sebagai salah satu bahan ajar memiliki manfaat mempermudah pemahaman materi karena berisis materi inti dan soal latihan yang tersusun secara sistematis. Penggunaan LKPD yang dikolaborasikan dengan teknologi akan menjadi bahan ajar yang lebih efektif, salah satunya dengan menggunakan website Live Worksheets. Berdasarkan permasalahan yang ditemukan, arah pengembangan pada penelitian ini adalah mengenai proses pengembangan LKPD berbasis Live Worksheets untuk pembelajaran materi bangun ruang pada peserta didik kelas V di SDN Kebalenan yang valid, efektif, dan praktis dan kevalidan, keefektifan, serta kepraktisan LKPD berbasis Live Worksheets untuk pembelajaran materi bangun ruang pada peserta didik kelas V di SDN Kebalenan Banyuwangi. Prosedur penelitian pengembangan ini menggunakan model Borg and Gall dengan 8 tahapan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kebalenan Banyuwangi semester genap 2022/2023 dengan subjek penelitian peserta didik kelas V A dan V B yang berjumlah masing-masing 35 dan 36 orang. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, angket, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan, yaitu pedoman observasi, pedoman wawancara, lembar angket, instrumen tes hasil belajar, dan dokumen. Teknik analisis data terdiri dari validasi produk, uji reliabilitas instrumen, analisis IKES dan IDP, serta uji keefektifan dan kepraktisan. LKPD yang dikembangkan divalidasi oleh 3 validator dengan total skor 90 termasuk kategori sangat layak. Terdapat uji coba penggunaan produk yang dilakukan di SDN 3 Mojopanggung Kabupaten Banyuwangi pada 20 peserta didik kelas V. Analisis data berupa t-test memperoleh nilai thitung yang lebih besar daripada ttabel (8,07> 1,667) dengan nilai signifikansi 0,05 dan db 69. Hasil tersebut menunjukkan adanya perbedaan terkait hasil belajar dalam penggunaan Live Worksheets di kelas eksperimen dan kontrol. Hasil uji keefektifan relatif, yaitu 64,75% merupakan kontribusi LKPD berbasis Live Worksheets terhadap hasil belajar dan 35,25% merupakan pengaruh dari faktor lain dalam hasil belajar. Kepraktisan produk LKPD berbasis Live Worksheets memperoleh skor 89,43% dan termasuk kategori sangat praktis. LKPD berbasis Live Worksheets materi bangun ruang adalah produk pengembangan yang layak digunakan dan memenuhi kevalidan, keefektifan, serta kepraktisan dalam pengembangannya. Saran dari penelitian ini, diharapkan adanya lanjutan pengembangan dengan muatan materi lain dan pemanfaatan tipe soal secara variatif di Live Worksheets untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di SD.en_US
dc.description.sponsorship1. Prof. Dr.M. Sulthon, M.Pd. 2. Fathan Fihrisi M.Pd.Ien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectMedia Pembelajaranen_US
dc.subjectPembelajaran Matematikaen_US
dc.subjectLembar Kerja Peserta Didiken_US
dc.subjectLive Worksheeten_US
dc.titlePengembangan LKPD berbasis Live Worksheets Materi Bangun Ruang pada Peserta Didik Kelas V di SDN Kebalenan Kabupaten Banyuwangien_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr.M. Sulthon, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Fathan Fihrisi M.Pd.Ien_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_november_2023_14en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record