Pengembangan LKPD berbasis Live Worksheets Materi Bangun Ruang pada Peserta Didik Kelas V di SDN Kebalenan Kabupaten Banyuwangi
Abstract
Adanya perubahan kurikulum dan perkembangan teknologi menuntut
implementasi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan zaman. Penerapan
perubahan kurikulum dapat dilakukan saat pelaksanaan pembelajaran di kelas.
Problematika pada pembelajaran matematika kelas V SDN di Kebalenan
Banyuwangi adalah kurangnya variasi bahan ajar dan kesulitan mengidentifikasi
bangun ruang bagi peserta didik. Permasalahan tersebut mengakibatkan nilai hasil
belajar masih belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal.
Variasi bahan ajar yang dapat digunakan seperti modul, LKPD, tayangan,
buku ajar, dan lain-lain. LKPD sebagai salah satu bahan ajar memiliki manfaat
mempermudah pemahaman materi karena berisis materi inti dan soal latihan yang
tersusun secara sistematis. Penggunaan LKPD yang dikolaborasikan dengan
teknologi akan menjadi bahan ajar yang lebih efektif, salah satunya dengan
menggunakan website Live Worksheets.
Berdasarkan permasalahan yang ditemukan, arah pengembangan pada
penelitian ini adalah mengenai proses pengembangan LKPD berbasis Live
Worksheets untuk pembelajaran materi bangun ruang pada peserta didik kelas V
di SDN Kebalenan yang valid, efektif, dan praktis dan kevalidan, keefektifan,
serta kepraktisan LKPD berbasis Live Worksheets untuk pembelajaran materi
bangun ruang pada peserta didik kelas V di SDN Kebalenan Banyuwangi.
Prosedur penelitian pengembangan ini menggunakan model Borg and Gall
dengan 8 tahapan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kebalenan Banyuwangi
semester genap 2022/2023 dengan subjek penelitian peserta didik kelas V A dan
V B yang berjumlah masing-masing 35 dan 36 orang. Metode yang digunakan
dalam pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, angket, tes hasil belajar,
dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan, yaitu pedoman
observasi, pedoman wawancara, lembar angket, instrumen tes hasil belajar, dan
dokumen. Teknik analisis data terdiri dari validasi produk, uji reliabilitas
instrumen, analisis IKES dan IDP, serta uji keefektifan dan kepraktisan.
LKPD yang dikembangkan divalidasi oleh 3 validator dengan total skor 90
termasuk kategori sangat layak. Terdapat uji coba penggunaan produk yang
dilakukan di SDN 3 Mojopanggung Kabupaten Banyuwangi pada 20 peserta didik
kelas V. Analisis data berupa t-test memperoleh nilai thitung yang lebih besar
daripada ttabel (8,07> 1,667) dengan nilai signifikansi 0,05 dan db 69. Hasil
tersebut menunjukkan adanya perbedaan terkait hasil belajar dalam penggunaan
Live Worksheets di kelas eksperimen dan kontrol. Hasil uji keefektifan relatif,
yaitu 64,75% merupakan kontribusi LKPD berbasis Live Worksheets terhadap
hasil belajar dan 35,25% merupakan pengaruh dari faktor lain dalam hasil belajar.
Kepraktisan produk LKPD berbasis Live Worksheets memperoleh skor 89,43%
dan termasuk kategori sangat praktis.
LKPD berbasis Live Worksheets materi bangun ruang adalah produk
pengembangan yang layak digunakan dan memenuhi kevalidan, keefektifan, serta
kepraktisan dalam pengembangannya. Saran dari penelitian ini, diharapkan
adanya lanjutan pengembangan dengan muatan materi lain dan pemanfaatan tipe
soal secara variatif di Live Worksheets untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
di SD.