Show simple item record

dc.contributor.authorSOBAH, Dita Nuris
dc.date.accessioned2024-05-25T22:49:11Z
dc.date.available2024-05-25T22:49:11Z
dc.date.issued2023-07-12
dc.identifier.nim190210204025en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120642
dc.descriptionvalidasi_repo_firli_november_2023_14 Finalisasi repositori tanggal 26 Mei 2024_Kurnadien_US
dc.description.abstractPembelajaran berkualitas dapat tercipta dengan tersedianya komponenkomponen yang dapat mendukung penuh terhadap jalannya proses pembelajaran. Komponen pembelajaran yang dapat digunakan guru dalam menjalankan pembelajaran salah satunya ialah media pembelajaran. Memahami volume bangun ruang yang beragam tidak mudah bagi siswa, oleh karenanya siswa akan terbantu dengan tersedianya media pembelajaran yang praktis dan inovatif. Problematika yang ditemukan saat melakukan wawancara dengan guru kelas V SDN Balunganyar Kabupaten Pasuruan adalah sebagai berikut: (1) kurangnya pemanfaatan teknologi meskipun ketersediaan perangkat teknologi di sekolah sangat memadai, hal tersebut disebabkan oleh guru yang jarang menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi karena keterbatasan kemampuan; (2) kurangnya variasi media pembelajaran yang tersedia; dan (3) hasil belajar siswa kurang optimal. Pengembangan media pembelajaran yang valid, efektif, dan praktis sangat diperlukan guna memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran. Pemanfaatan teknologi dan internet yang semakin mudah diakses dapat dimanfaatkan sebagai basis penyusunan media pembelajaran. Media pembelajaran exotic berbasis google sites salah satunya, dengan media tersebut siswa dapat dengan mudah mengakses materi, latihan mengerjakan soal, membaca rangkuman materi, dan bermain game terkait materi volume bangun ruang. Prosedur penelitian pengembangan yang dilakukan ialah model pengembangan Borg and Gall dengan 8 tahap. Produk penelitian yang dihasilkan berupa media pembelajaran exotic dengan fokus materi volume bangun ruang pada kelas V SD. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian adalah siswa kelas VA dan VB SDN Balunganyar Kabupaten Pasuruan yang berjumlah 56 siswa. Metode pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian adalah observasi, wawancara, angket, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan dianalisis untuk mengetahui kevalidan dengan hasil validasi para ahli, keefektifan dengan uji independent sample t-test dan ER, serta kepraktisan menggunakan angket respon siswa. Media pembelajaran exotic yang telah dikembangkan dan diuji validasi oleh 3 validator dengan perolehan skor 88,3 berkategori sangat layak. Pelaksanaan uji coba penggunaan produk dilakukan pada 20 siswa kelas V SDN Sumberdawesari I Kabupaten Pasuruan. Hasil analisis uji independent sample t-test didapatkan hasil thitung lebih besar daripada ttabel (10,625 > 1,674), sehingga pembelajaran kelas eksperimen dinyatakan lebih efektif daripada pembelajaran kelas kontrol. Hasil analisis uji ER menunjukkan hasil 51,33% bagian dipengaruhi media pembelajaran exotic, 48,67% bagian dipengaruhi oleh faktor lain. Kepraktisan produk diperoleh skor 94,42% dengan kategori sangat praktis yang dianalisis melalui angket respon siswa. Media pembelajaran exotic dapat dikatakan sebagai media pembelajaran yang sangat praktis yaitu termasuk dalam media yang mudah dalam pengoperasian, dan menarik dalam tata bahasa serta tampilannya. Berdasarkan pemaparan yang disampaikan di atas, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran exotic berbasis google sites memenuhi kriteria valid, efektif, dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran karena dapat mengefektifkan pembelajaran sehingga hasil belajar siswa meningkat.en_US
dc.description.sponsorship1. Prof. Dr. M. Sulthon, M.Pd.; 2. Fathan Fihrisi, M.Pd.Ien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectMedia Pembelajaranen_US
dc.subjectGoogle Sitesen_US
dc.subjectPembelajaran Efektifen_US
dc.subjectMatematika Dasaren_US
dc.titlePengembangan Media Pembelajaran “Exotic” Berbasis Google Sites untuk Mengefektifkan Pembelajaran Materi Volume Bangun Ruang pada Siswa Kelas V di SDN Balunganyar Kabupaten Pasuruanen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. M. Sulthon, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Fathan Fihrisi, M.Pd.Ien_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_november_2023_14en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record