Pengembangan Media Pembelajaran “Exotic” Berbasis Google Sites untuk Mengefektifkan Pembelajaran Materi Volume Bangun Ruang pada Siswa Kelas V di SDN Balunganyar Kabupaten Pasuruan
Abstract
Pembelajaran berkualitas dapat tercipta dengan tersedianya komponenkomponen yang dapat mendukung penuh terhadap jalannya proses pembelajaran.
Komponen pembelajaran yang dapat digunakan guru dalam menjalankan
pembelajaran salah satunya ialah media pembelajaran. Memahami volume bangun
ruang yang beragam tidak mudah bagi siswa, oleh karenanya siswa akan terbantu
dengan tersedianya media pembelajaran yang praktis dan inovatif. Problematika
yang ditemukan saat melakukan wawancara dengan guru kelas V SDN
Balunganyar Kabupaten Pasuruan adalah sebagai berikut: (1) kurangnya
pemanfaatan teknologi meskipun ketersediaan perangkat teknologi di sekolah
sangat memadai, hal tersebut disebabkan oleh guru yang jarang menggunakan
media pembelajaran berbasis teknologi karena keterbatasan kemampuan; (2)
kurangnya variasi media pembelajaran yang tersedia; dan (3) hasil belajar siswa
kurang optimal.
Pengembangan media pembelajaran yang valid, efektif, dan praktis sangat
diperlukan guna memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran.
Pemanfaatan teknologi dan internet yang semakin mudah diakses dapat
dimanfaatkan sebagai basis penyusunan media pembelajaran. Media pembelajaran
exotic berbasis google sites salah satunya, dengan media tersebut siswa dapat
dengan mudah mengakses materi, latihan mengerjakan soal, membaca rangkuman
materi, dan bermain game terkait materi volume bangun ruang.
Prosedur penelitian pengembangan yang dilakukan ialah model
pengembangan Borg and Gall dengan 8 tahap. Produk penelitian yang dihasilkan
berupa media pembelajaran exotic dengan fokus materi volume bangun ruang pada
kelas V SD. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran
2022/2023. Subjek penelitian adalah siswa kelas VA dan VB SDN Balunganyar
Kabupaten Pasuruan yang berjumlah 56 siswa. Metode pengumpulan data yang
dilakukan pada penelitian adalah observasi, wawancara, angket, tes hasil belajar,
dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan dianalisis untuk mengetahui
kevalidan dengan hasil validasi para ahli, keefektifan dengan uji independent
sample t-test dan ER, serta kepraktisan menggunakan angket respon siswa.
Media pembelajaran exotic yang telah dikembangkan dan diuji validasi oleh
3 validator dengan perolehan skor 88,3 berkategori sangat layak. Pelaksanaan uji
coba penggunaan produk dilakukan pada 20 siswa kelas V SDN Sumberdawesari I
Kabupaten Pasuruan. Hasil analisis uji independent sample t-test didapatkan hasil
thitung lebih besar daripada ttabel (10,625 > 1,674), sehingga pembelajaran kelas
eksperimen dinyatakan lebih efektif daripada pembelajaran kelas kontrol. Hasil
analisis uji ER menunjukkan hasil 51,33% bagian dipengaruhi media pembelajaran
exotic, 48,67% bagian dipengaruhi oleh faktor lain. Kepraktisan produk diperoleh
skor 94,42% dengan kategori sangat praktis yang dianalisis melalui angket respon
siswa. Media pembelajaran exotic dapat dikatakan sebagai media pembelajaran
yang sangat praktis yaitu termasuk dalam media yang mudah dalam pengoperasian,
dan menarik dalam tata bahasa serta tampilannya.
Berdasarkan pemaparan yang disampaikan di atas, dapat disimpulkan
bahwa media pembelajaran exotic berbasis google sites memenuhi kriteria valid,
efektif, dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran karena dapat
mengefektifkan pembelajaran sehingga hasil belajar siswa meningkat.