Show simple item record

dc.contributor.authorRABBIULA, Azzahra Erfi
dc.date.accessioned2024-05-22T01:30:28Z
dc.date.available2024-05-22T01:30:28Z
dc.date.issued2023-07-19
dc.identifier.nim190210205062en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120613
dc.descriptionvalidasi_repo_firli_november_2023_14en_US
dc.description.abstractSebagai seorang guru sudah seharusnya selalu mengembangkan kompetensi sehingga mampu meningkatkan pengetahuan, keterampilan, serta sikap. Berdasarkan observasi awal di TK Al Irsyad Al Islamiyyah Kabupaten Jember pada bulan September, kepala sekolah turut aktif dalam pemberdayaan dan pembinaan kepada guru seperti mengikutsertakan guru dalam kegiatan pelatihan ataupun workshop pengembangan kompetensi guru, tetapi nyatanya terdapat beberapa guru yang kurang antusias dalam mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut yang mengakibatkan kurang dalam memaksimalkan kegiatan mengajar. Berdasarkan latar belakang di atas, peneliti ingin mengkaji lebih dalam mengenai masalah terkait motivasi guru dalam mengembangkan kompetensi di TK Al Irsyad Al Islamiyyah Jember. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apa permasalahan motivasi guru dalam pengembangan kompetensi di TK Al Irsyad Al Islamiyyah Jember?” Penelitian ini dilakukan di TK Al Irsyad Al Islamiyyah Jember dengan subjek penelitian guru sebagai informan utama dan kepala sekolah sebagai informan pendukung. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan pengambilan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Pengambilan data pada penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret-April Tahun Ajaran 2022/2023. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di TK Al Irsyad Al Islamiyyah Jember, permasalahan motivasi guru dalam pengembangan kompetensi umumnya terkait dengan kendala-kendala instrinsik seperti kurang rasa percaya diri terhadap kemampuan yang dimiliki, tidak menemukan sasaran yang tepat untuk kebutuhan guru ketika mengikuti kegiatan pengembangan, tidak adanya relevansi di antara materi pelatihan dengan kegiatan di kelas, sehingga memunculkan ketidakpuasan guru akan hasil kegiatan pengembangan kompetensi yang selama ini guru ikuti. Selain waktu penyelenggaraan kegiatan pengembangan yang mengganggu jam pembelajaran. Kepala sekolah telah memberikan fasilitas program di dalam sekolah yaitu Biah Islamiyyah yang bekerjasama dengan lembaga UMMI serta program peningkatan pengetahuan tentang teknologi. Sedangkan program di luar sekolah yaitu kegiatan IGTKI, Himpaudi, serta pelatihan gerak lagu. Dari hasil tersebut program yang diberikan tidak sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan guru, sehingga memunculkan ketidak puasan guru akan hasil kegiatan pengembangan kompetensi yang selama ini guru ikuti. Permasalahan motivasi internal guru dalam mengembangkan kompetensinya diperkuat oleh situasi eksternal seperti kebijakan kepala sekolah yang tidak mengizinkan guru meninggalkan jam pelajaran ketika terdapat kegiatan pengembangan kompetensi di jam pembelajaran, tidak adanya insentif atau reward tertentu dari keikutsertaan guru dalam kegiatan pengembangan kompetensi, serta adanya permasalahan antar pribadi yang belum terselesaikan. Saran yang dapat diberikan yaitu (1) semua guru dapat mengembangkan kompetensi apabila adanya kemauan dan kesadaran diri untuk selalu belajar meskipun terhalang waktu yang terbatas. Dengan adanya kebijakan oleh kepala sekolah mengenai jadwal kegiatan yang diselenggarakan, guru dapat memanfaatkannya ketika jam kerja selesai sehingga tidak berbenturan dengan waktu pembelajaran. (2) Menciptakan suasana kerja yang saling mendukung, sehingga guru-guru dapat percaya diri dan lebih semangat mengikuti kegiatan pengembangan. (3) Kepala sekolah perlu melakukan analisis kebutuhan guru, sehingga kegiatan-kegiatan pengembangan kompetensi yang diadakan dapat relevan dengan kebutuhan guru.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing 1 : Dr. Nanik Yuliati, M.Pd. Dosen Pembimbing 2 : Senny Weyara Dienda Saputri, S.Psi., M.A.en_US
dc.publisherFakultas Ilmu Pendidikan dan Keguruanen_US
dc.subjectMotivasi Guruen_US
dc.subjectKompetensi Guruen_US
dc.subjectPengembangan Kompetensien_US
dc.titlePermasalahan Motivasi Guru dalam Pengembangan Kompetensi di TK Al Irsyad Al Islamiyyah Kabupaten Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dinien_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Nanik Yuliati, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Senny Weyara Dienda Saputri, S.Psi., M.A.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_november_2023_14en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2024_05_tanggal 22en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record