• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agriculture
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agriculture
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Bauran Pemasaran dan Strategi Pengembangan Pemasaran Produk Olahan Empon-Empon Kelompok Tani Wanita Sejahtera di Kafe Kayumas

    Thumbnail
    View/Open
    2023_191510901024_Dini Yurindiana Sari_complete.pdf (2.163Mb)
    Date
    2023-06-12
    Author
    SARI, Dini Yurindiana Jr
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembangunan pertanian berfokus kepada kegiatan yang berkelanjutan untuk memenuhi kebutuhan dengan senggang waktu yang mempertimbangkan kebutuhan di masa depan. Diperlukan upaya untuk meningkatkan minat masyarakat dalam mengelola potensi, terutama di sektor pertanian dengan memberdayakan melalui kegiatan peningkatan pengetahuan dan kemampuan dalam mengatasi masalah. Universitas Jember melaksanakan program pemberdayaan kepada kelompok tani wanita sejahtera di Desa Asembagus. Pemberdayaan ini bertujuan untuk memanfaatkan potensi tanaman herbal empon-empon dalam kegiatan bisnis. Program ini mencakup proses pengolahan tanaman empon-empon hingga pemasaran, dengan melibatkan Kafe Kayumas sebagai distributor produk kepada konsumen. Namun, pemasaran yang dilakukan belum optimal karena kurangnya strategi pemasaran yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pemasaran produk olahan empon-empon. Pengumpulan data dilakukan dari bulan Desember 2022 hingga Maret 2023 melalui observasi dan wawancara kepada konsumen dengan menggunakan pendekatan bauran pemasaran 4P (price, place, product, promotion) dan SWOT. Alat analisis yang digunakan meliputi Analisis SWOT dengan matriks posisi kompetitif relatif, diagram SWOT, matriks Internal eksternal, dan matriks SWOT. Hasil perhitungan nilai IFAS menunjukkan skor sebesar 2,94, sedangkan EFAS sebesar 3,05. Gabungan kedua skor tersebut menempatkan produk olahan empon-empon pada posisi white area pada matriks kompetitif relatif dan posisi sel II pada matriks Internal dan Eksternal. Selain itu, pada diagram SWOT, produk olahan empon-empon berada pada kuadran I yang menunjukkan situasi yang menguntungkan. Strategi yang diusulkan adalah pengembangan produk melalui penambahan variasi jenis, kemasan, dan rasa, serta melakukan kegiatan promosi melalui media sosial untuk mencapai pasar yang lebih luas.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120477
    Collections
    • UT-Faculty of Agriculture [4426]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository