Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis Engineering Design Process terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMP
Abstract
Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian
pretest-posttest control group. Lokasi penelitian ditentukan dengan teknik
purposive sampling area yang dilaksanakan di MTs Negeri 1 Jember semester gasal
tahun ajaran 2023/2024. Sampel yang digunakan menggunakan teknik purposive
sampling yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas
kontrol. Pengumpulan data penelitian utama berupa tes yang diberikan saat pretest
dan posttest guna mengukur keterampilan berpikir kreatif di kelas eksperimen dan
kelas kontrol. Jumlah soal yang diberikan sebanyak 4 butir soal uraian yang
disesuaikan dengan indikator berpikir kreatif. Data penelitian pendukung yang
digunakan yaitu wawancara, observasi, serta dokumentasi. Metode analisis data
dilakukan dengan uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat.
Selanjutnya dilakukan uji Independent Sample T-test dan uji t-pihak kanan.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kreatif pada
kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Kelas eksperimen memiliki
rata-rata nilai pretest 59,38 dengan peningkatan rata-rata nilai posttest 88,91
sedangkan kelas kontrol memiliki rata-rata nilai pretest 53,79 dengan peningkatan
rata-rata nilai posttest sebesar 83,31. Kemudian data nilai pretest dan posttest
dilakukan uji normalitas memperoleh nilai signifikansi ˃ 0,05 yang menunjukkan
data berdistribusi normal. Selanjutnya data dilakukan uji homogenitas memperoleh
nilai signifikansi ˃ 0,05 yang menunjukkan data bersifat homogen. Data
selanjutnya dianalisis dengan uji Independent Sample T-test dan uji t-pihak kanan.
Berdasarkan hasil uji Independent Sample T-test diperoleh nilai signifikansi (2-
tailed) sebesar 0,011 yang menunjukkan nilai signifikansi < 0,05 sehingga H0
ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil uji t-pihak kanan diperoleh nilai bahwa
thitung ˃ ttabel (2,609 ˃ 1,669) yang menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima
bahwa perbandingannya terjadi nilai rata-rata yang lebih baik pada kelas
eksperimen terhadap kelas kontrol.
Berdasarkan hasil data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa model
Project Based Learning berbasis Engineering Design Process berpengaruh
signifikan terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa SMP.