Show simple item record

dc.contributor.authorIndah Syurya Ningsih
dc.date.accessioned2013-12-24T02:55:54Z
dc.date.available2013-12-24T02:55:54Z
dc.date.issued2013-12-24
dc.identifier.nimNIM090210101010
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12000
dc.description.abstractTingkat efektifitas perangkat pembelajaran diperoleh dari rekapitulasi hasil persentase aktivitas siswa, angket respon siswa, dan Tes Hasil Belajar. Dari hasil aktivitas siswa, diperoleh persentase 9 aktivitas siswa selama pembelajaran pada pertemuan pertama sampai pertemuan keempat adalah antara 10% – 20%, maka dapat disimpulkan bahwa aktivitas siswa yang diamati selama pembelajaran dikatakan baik. Sedangkan dari analisis angket yang telah diisi oleh 36 siswa diperoleh bahwa ˃ 80% siswa menunjukkan respon/hasil positif terhadap pembelajaran matematika dengan model pembelajaran berstandar NCTM. Berdasarkan hasil analisis validitas butir soal THB, keseluruhan perangkat THB dikatakan valid atau dapat mengukur dengan tepat tujuan pembelajaran yang diterapkan. Hasil analisis reliabilitas THB diperoleh nilai  = 0,98 dengan kategori “sangat tinggi”. Dengan demikian, instrumen THB tersebut dapat dikatakan reliabel artinya memiliki keajegan yang sangat tinggi untuk digunakan sebagai alat penilaian hasil belajar siswa. Hasil analisis nilai THB terhadap 36 siswa di kelas X – 6, 91,67% siswa (33 siswa) mendapat nilai di atas 60 dan hanya 8,33% siswa (3 siswa) mendapat nilai di bawah 60. Hal ini menunjukkan bahwa siswa dapat memahami materi yang telah diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran berstandar NCTM. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berstandar NCTM materi trigonometri ini dikatakan baik karena telah memenuhi standar rata-rata ketuntasan hasil belajar dan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat dikatakan valid, efektif, dan efisien.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210101010;
dc.subjectMatematika, Trigonometri, NCTMen_US
dc.titlePENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN TRIGONOMETRI KELAS X SMA BERSTANDAR NCTM (NATIONAL COUNCIL OF TEACHERS OF MATHEMATICS)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record