Analisis Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Jumping Task SPLDV Berdasarkan Kriteria Watson Ditinjau dari Tipe Kepribadian David Keirsey
Abstract
Siswa seringkali melakukan kesalahan saat menyelesaikan soal matematika. Agar kesalahan tidak terulang kembali, maka perlu dilakukan analisis terhadap kesalahan yang dilakukan siswa dengan tujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi kesalahan siswa berdasarkan kriteria Watson dalam menyelesaikan soal jumping task materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) ditinjau dari tipe kepribadian David Keirsey. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada siswa VIII-B SMPN 4 Jember dengan pemilihan subjek menggunakan teknik snowball sampling. Pengambilan data menggunakan angket, tes tertulis, dan wawancara. Hasil tes dan wawancara menunjukkan bahwa siswa dengan tipe kepribadian artisan melakukan kesalahan data tidak tepat/Inappropriate Data (ID), kesimpulan hilang/Omitted Data (OC), dan manipulasi tidak langsung/Undirected Manipulation (UM). Siswa dengan tipe kepribadian idealist melakukan kesalahan kesimpulan hilang/Omitted Data (OC), konflik level respon/Response Level Conflict (RLC), dan masalah hierarki keterampilan/Skill Hierarchy Problem (SHP). Siswa dengan tipe kepribadian guardian melakukan data tidak tepat/Inappropriate Data (ID), kesimpulan hilang/Omitted Data (OC), dan konflik level respon/Response Level Conflict (RLC). Siswa dengan tipe kepribadian rational melakukan kesalahan data tidak tepat/Inappropriate Data (ID), kesimpulan hilang/Omitted Data (OC), dan manipulasi tidak langsung/Undirected Manipulation (UM).