• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Perbedaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi kasus pada kurikulum merdeka materi lembaga jasa keuangan kelas X-A dan X-D SMAN 2 Tanggul Tahun Akademik 2022/2023)

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI Dewi Atika Sari_190210301117.pdf (1.958Mb)
    Date
    2023-12-13
    Author
    SARI, Dewi Atika Jr
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini menerapkan jenis penelitian quasi eksperiment dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan 2 model pembelajaran dan 2 kelas. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran PBL dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Discovery learning. Pengambilan data penelitian diambil dari tes, wawancara, observasi, dan dokumen pendukung. Peneliti menentukan subjek penelitian menggunakan cara purposive sampling yang didapat dari hasil wawancara dengan guru mata pelajaran. Lokasi yang ditentukan oleh peneliti yaitu SMAN 2 Tanggul. Subjek penelitian yaitu kelas X-A dan X-D sebagai sampel penelitian. Hasil dari uji normalitas dengan menggunakan Shapiro-wilk menunjukan hasil nilai signifikasi ˃ 0,05. Pada kelas eksperimen perolehan tingkat signifikasi yang diperoleh post-test mendapatkan nilai 0,183. Pada kelas kontrol perolehan siginifikasi pada kelas kontrol mendapat nilai 0,168. Berdasarkan dari hasil nilai analisis data normalitas dapat dinyatakan bahwa data berdistribusi dengan normal. Berdasakan hasil uji tabel di atas dapat dilihat hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas control keduanya berbeda secara signifikan. Dapat dilihat pada nilai sig.(2-tailed) yaitu 0.001 ˂ 0,05. Kesimpulannya, H0 ditolak dan Hi diterima. Artinya memang ada perbedaan secara signifikan terhadap hasil belajar siswa yang menggunakan model Problem Bassed Learning (PBL) dengan model Discovery Learning. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil dari posttest siswa pada kelas eksperimen yaitu sebesar 80,57. Sedangkan pada kelas kontrol, rata-rata hasil posttest yakni 72,57. Hal tersebut menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Hal lain yang menjadi tolak ukur terdapat pada jumlah siswa yang tuntas dalam mengerjakan soal posttest. Pada kelas eksperimen, sebanyak 28 orang (80%) siswa tuntas, sedangkan pada kelas kontrol, jumlah siswa yang tuntas yakni 16 orang (45%) siswa.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119914
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15286]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository