Strategi Bauran Pemasaran pada Cafe Tamulang Banyuwangi
Abstract
Menjamurnya bisnis cafe saat ini terutama bisnis cafe yang berada di
Banyuwangi mengakibatkan pelaku usaha bersaing semakin ketat. Pelaku usaha
wajib menerapkan strategi bauran pemasaran yang inovatif agar dapat bersaing dan
mempertahankan bisnisnya. Bauran pemasaran memiliki tujuh aspek strategi yang
saling mempunyai keterkaitan satu sama lain guna menjaga eksistensi perusahaan
yang meliputi product, price, place, promotion, people, process, dan physical
evidence. Fokus dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana
penerapan strategi bauran pemasaran yang digunakan oleh Cafe Tamulang agar
dapat bertahan dan bersaing ditengah banyaknya pesaing bisnis cafe baru yang
muncul, serta untuk menganalisis dan mendeskripsikan strategi bauran pemasaran
pada Cafe Tamulang yang berlokasi di Banyuwangi.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif yang
menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan
data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan sampel
pemilik, karyawan, dan pelanggan pada Cafe Tamulang. Hasil penelitian
menunjukan bahwa Cafe Tamulang menerapkan strategi bauran pemasaran untuk
bisnisnya yaitu product, price, place, promotion, people, process, dan physical
evidence. Bauran Pemsaran diterapkan guna menunjang keberhasilan dan
tercapainya visi misi serta berpengaruh terhadap minat beli dan daya tarik
konsumen. Bukti fisik Cafe Tamulang memiliki nilai tambah tersendiri yaitu
dengan menyajikan konsep urban garden dengan suasana yang sejuk dan tentram.
Tujuh aspek bauran pemasaran diterapkan dengan saling berkaitan antara satu
dengan yang lainnya tanpa saling menggulkan salah satu dari ketujuh aspek
tersebut. Penerapan bauran pemasaran secara seimbang akan mempengaruhi hasil
yang akan dicapai oleh Cafe Tamulang.