Pengaruh Buku Ajar Flipbook Berbasis STEM pada Pokok Bahasan Bioteknologi terhadap Kesadaran Metakognitif dan Retensi Belajar Siswa Kelas XII SMA di Kawasan Pertanian Industrial
Abstract
Penelitian berjudul Pengaruh Buku Ajar Flipbook Berbasis STEM pada Pokok Bahasan Bioteknologi terhadap Kesadaran Metakognitif dan Retensi Belajar Siswa Kelas XII SMA di Kawasan Pertanian Industrial. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh buku ajar flipbook berbasis STEM pada pokok bahasan bioteknologi terhadap kesadaran metakognitif dan retensi belajar siswa kelas XII SMA di kawasan pertanian industrial. Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Jember pada siswa kelas XII MIPA. Penelitian merupakan kuasi eksperimen. Kelas XII MIPA 6 sebagai kelas kontrol berjumlah 25 siswa. Kelas XII MIPA 8 sebagai kelas eksperimen berjumlah 31 siswa diberikan perlakuan buku ajar flipbook berbasis STEM. Data merupakan data kuantitatif kedua kelas berupa pretest dan posttest untuk mengetahui kesadaran metakognitif, serta posttest dan tes tunda untuk mengetahui retensi belajar. Data kesadaran metakognitif diperoleh melalui angket MAI, sedangkan data retensi belajar melalui 10 soal esai. Nilai pretest angket MAI terendah 39 dan nilai tertinggi 100. Nilai posttest angket MAI terendah 47 dan nilai tertinggi 100. Nilai posttest retensi terendah 33 dan tertinggi 97. Nilai tes tunda retensi terendah 51 dan tertinggi 97. Nilai signifikansi angket MAI 0,012 dan nilai signifikansi retensi 0,00, artinya kedua signifikansi > 0,05. Dapat disimpulkan terdapat pengaruh nyata dalam penerapan buku ajar flipbook berbasis STEM terhadap kesadaran metakognitif dan retensi belajar.