• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Dukungan Sosial Teman Sebaya Kepada Mahasiswa Disabilitas Selama Menempuh Pendidikan di Universitas Jember (Studi Deskriptif pada Universitas Jember)

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi Stella Peppi Cita.pdf (912.1Kb)
    Date
    2023-11-03
    Author
    Cita, Stella Peppi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Stella Peppi Cita, 180910301091, 2023, 50 halaman; Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember. Penyandang disabilitas juga memiliki kesempatan serupa untuk melanjutkan pendidikan. Disabilitas merupakan suatu keadaan yang membatasi aktivitas penyandang disabilitas karena keterbatasan yang dimilikinya. Artinya, mereka seringkali menjadi korban ketidakadilan dalam memperoleh haknya. Mahasiswa penyandang disabilitas yang tidak mendapat dukungan sosial yang baik akan mengalami kesulitan belajar. Dukungan sosial dari lingkungan terhadap siswa penyandang disabilitas penting agar mereka mampu menghadapi kehidupan sehari- hari. Lingkungan sosial memegang peranan yang sangat penting bagi siswa penyandang disabilitas karena dukungan sosial dari teman sebaya mempengaruhi motivasinya untuk mengembangkan dan memantapkan proses belajarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis dukungan sosial teman sebaya kepada mahasiswa disabilitas selama menempuh pendidikan di Universitas Jember. Penelitian ini menggunakan metode kualitaif deskriptif dengan lokasi penelitian di Universitas Jember. Berdasakan teknik purposive sampling, maka jumah informan yang dijadikan subyek terdiri 3 (tiga) orang informan pokok, dan 3 (tiga) orang informan tambahan. Hasil penelitian ini adalah : a) dukungan sosial tersebut dilakukan oleh lingkungan sosial terdekat, seperti sahabat yang memang sejak awal perkuliahan telah berinteraksi dengan mahasiswa disabilitas; b) bentuk dukungan sosial yang diberikan meliputi pemberian atensi dan motivasi, kesempatan untuk mengaktualisasikan diri, dan bantuan aksesibilitas di lingkungan kampus selama menempuh pendidikan.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119612
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5691]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository