• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Bengkel Sentral Yamaha Jember)

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI_MOCH. IBNU FARIZ_REPOSITORY UNEJ.pdf (1.815Mb)
    Date
    2023-08-29
    Author
    Fariz, Moch. Ibnu
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pengambilan keputusan individu untuk melakukan pembelian terhadap barang atau jasa terbentuk berdasarkan kebutuhan dan keinginannya. Pada bengkel resmi sepeda motor, persepsi mengenai harga sering menjadi alat ukur konsumen bahwa harga yang mahal mencerminkan kualitas yang tinggi. Harga akan menjadi faktor yang sangat penting karena terbukti berpengaruh secara nyata dan kuat pada setiap kepuasan pelanggan dalam menggunakan jasa. Kualitas pelayanan menjadi sebuah tingkatan kemampuan dari perusahaan dalam memberikan segala yang menjadi harapan pelanggan dalam memenuhi kebutuhannya. Variabel ini sangat penting dalam proses kepuasan pelanggan karena pelayanan yang memuaskan akan berdampak pada terjadinya pembelian berulang-ulang yang pada akhirnya akan meningkatkan penjualan. Bengkel Sentral Yamaha Jember merupakan perusahaan otomotif yang memiliki spesialisasi dalam hal perbaikan dan perawatan pada elemen sepeda motor merek Yamaha. Bengkel ini memiliki berbagai keunggulan dibanding bengkel umum seperti penyediaan berbagai fasilitas dan penggunaan peralatan modern. Peralatan yang modern serta keahlian mekanik dalam proses servis sepeda motor membuat harga yang ditetapkan di bengkel resmi Yamaha lebih mahal dibanding dengan harga pada bengkel umum. Melalui pelayanan yang ramah dan memberikan senyuman agar konsumen merasa nyaman, serta didukung dengan peralatan yang canggih sehingga seluruh karyawan bisa melakukan pekerjaannya dengan efisien, sehingga peneliti ingin melakukan pengujian apakah harga dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan bengkel Sentral Yamaha Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan bengkel Sentral Yamaha Jember. Metode penelitian ini termasuk jenis penelitian explanatory research dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel Harga (X1), Kualitas Pelayanan (X2), dan Kepuasan Pelanggan (Y) melalui pengujian hipotesis. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner penelitian dan studi pustaka. Jumlah sampel pada penelitian ini menggunakan total indikator pada setiap variabel. Jumlah indikator pada penelitian ini berjumlah 11 indikator dan peneliti memilih 10 derajat sebagai tingkat kesalahan pengambilan sampel, maka 11x10 = 110 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan 2) Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. 3) Harga dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada bengkel Sentral Yamaha Jember. Pada hasil pengujian koefisien determinasi diperoleh nilai R2 sebesar 0,699 yang berarti besarnya pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan bengkel Sentral Yamaha Jember sebesar 69,9% dan sisanya yaitu 30,1 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ada pada penelitian ini
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119571
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5615]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository