• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Materi Statistika Konteks Sosial Berbantuan Moodle

    Thumbnail
    View/Open
    ARFINDA RAKHMADINA_SKRIPSI_190210101008.pdf (883.8Kb)
    Date
    2023-11-17
    Author
    RAKHMADINA, Arfinda
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kemampuan numerasi ialah kemampuan memperoleh, menggunakan, menggambarkan dan mengomunikasikan ide matematika untuk menyelesaikan masalah di kehidupan sehari-hari. Hasil PISA tahun 2018 menunjukkan bahwa kemampuan numerasi siswa di Indonesia masih tergolong rendah. Melihat kondisi tersebut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mulai memberlakukan kurikulum merdeka belajar. Salah satu program dari kurikulum merdeka belajar ini adalah Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Pelaksanaan AKM dimaksudkan untuk mengukur kompetensi literasi membaca dan numerasi yang dimiliki siswa. Pengembangan soal tes numerasi statistika konteks sosial budaya berbantuan Moodle untuk kelas 11 SMA melalui serangkaian tahapan mulai dari define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Tahap pertama adalah pendefinisan yang bertujuan untuk mendefiniskan permasalahan dan untuk mengetahui kebutuhan serta syaratsyarat pembelajaran. Tahap kedua adalah perancangan yang bertujuan untuk merancang bentuk dasar soal numerasi beserta instrumen-instrumen yang akan digunakan dalam penelitian. Hasil dari tahap perancangan disebut dengan prototipe 1. Tahap ketiga adalah pengembangan yang bertujuan untuk menyempurnakan prototipe 1 sebelum akhirnya menjadi produk final. Kegiatan yang dilakukan adalah validasi ahli dan uji coba produk yang terdiri dari dua tahapan. Pertama, uji coba terbatas untuk menguji keterbacaan butir soal. Kedua, uji coba lapangan untuk mengetahui tingkat reliabilitas, kepraktisan, daya pembeda, dan tingkat kesukaran soal numerasi berbantuan Moodle. Tahap keempat adalah penyebaran bertujuan untuk menyebarluaskan soal berbantuan Moodle yang telah memenuhi kriteria valid, reliabel, dan praktis. Soal numerasi akan disusun berdasarkan konten, konteks, dan level kognitif yang sudah ditetapkan. Konten yang dipilih adalah data dan ketidakpastian dengan subdomain statistika, konteks yang dipilih adalah sosial budaya, dan level kognitif yang ada pada soal sesuai dengan yang terdapat pada AK yairu knowing, applying, dan reasoning. Produk yang dihasilkan berupa soal tes numerasi statistika yang terdiri dari 15 butir soal dengan 4 soal pilihan ganda, 5 soal pilihan ganda kompleks, 2 soal menjodohkan, dan 4 soal uraian. Soal tes ini memuat 3 level kognitif knowing, 8 level kognitif applying, dan 4 level kognitif reasoning. Produk yang dikembangkan dilengkapi dengan kisi-kisi, soal tes, alternatif jawaban, dan pedoman penskoran. Hasil pengembangan diperoleh bahwa soal tes numerasi berbantuan Moodle dinyatakan valid oleh validator dengan skor 3,85 yang berada pada interval . Hasil uji reliabilitas diperoleh nilai 0,781 atau tergolong kategori tingkat reliabilitas tinggi. Hasil analisis daya pembeda menunjukkan bahwa 14 soal memiliki daya pembeda sangat baik dan 1 soal memiliki daya pembeda baik. Tingkat kesukaran setiap butir soal berbeda-beda yaitu 7 soal dengan kategori sulit, 6 soal dengan kategori sedang, dan 2 soal dengan kategori mudah. Hasil uji kepraktisan diperoleh nilai kepraktisan sebesar 77,64%. Nilai tersebut berada pada interval atau jika diinterpretasikan tergolong dalam kategori praktis.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119452
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository