• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI ANGGI LARADIANIS IFARDA.pdf (3.481Mb)
    Date
    2023-05-31
    Author
    IFARDA, Anggi Laradianis
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Keterampilan pemecahan masalah merupakan aspek penting dalam mata pelajaran matematika tingkat SMA. Peserta didik membutuhkan kemampuan pemecahan masalah dalam kegiatan pembelajaran matematika yang dapat meningkatkan kompetensi. Kemampuan pemecahan masalah adalah kemampuan menyelesaikan masalah menggunakan langkah-langkah pengerjaan yang tepat. Salah satu materi pada pembelajaran matematika yang membutuhkan kemampuan pemecahan masalah dengan tahapan Polya adalah Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Penelitian terdahulu menunjukkan bahwa ada kemampuan pemecahan masalah peserta didik di sekolah yang masih tergolong rendah, sehingga diperlukan adanya penggunaan model pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Project Based Learning merupakan model pembelajaran yang dapat digunakan untuk menilai kemampuan pemecahan masalah matematika. Oleh karena itu, penggunaan model pembelajaran Project Based Learning dalam kegiatan pembelajaran diharapkan dapat membantu pemecahan masalah matematika peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan pemecahan masalah peserta didik SMAN 3 Jember pada materi SPLTV melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif karena data yang disajikan berbentuk kata tertulis. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X06. Pengambilan data dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023, tepatnya pada tanggal 16 Februari dan 01 Maret 2023. Tahapan kegiatan penelitian ini adalah melakukan studi pendahuluan, menyusun rancangan penelitian, berkoordinasi dengan guru matematika dan menentukan subjek penelitian. Tahap selanjutnya membuat instrumen penelitian yang terdiri dari RPP, LKPD, soal tes, dan pedoman wawancara. Validasi instrumen dilakukan untuk menguji kelayakan instrumen penelitian. Setelah validator melakukan penilaian pada lembar validasi, langkah berikutnya adalah melakukan perhitungan untuk memperoleh nilai rata-rata validasi. Setelah instrumen valid, dilaksanakan pembelajaran menggunakan LKPD dengan model pembelajaran Project Based Learning pada 34 peserta didik yang terbagi menjadi 9 kelompok, kemudian dilakukan pengumpulan data dengan metode tes yang diikuti oleh 32 peserta didik, selanjutnya dilakukan wawancara untuk memperoleh informasi tambahan dari subjek dalam proses analisis data. Wawancara dilakukan pada 6 subjek yang bertujuan untuk mengetahui lebih dalam proses pemecahan masalah dalam menyelesaikan soal tes. Kemudian dilakukan analisis data untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data hasil wawancara untuk memperkuat hasil dari tes kemampuan pemecahan masalah dengan langkah Polya. Hasil analisis dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah peserta didik SMAN 3 Jember di kelas X-06 memperoleh hasil yang baik. Peserta didik menjadi lebih paham dan dapat menyampaikan pemahaman terkait permasalahan, serta proses penyelesaiannya. Hal ini dapat dilihat dari proses pekerjaan peserta didik yang sesuai dengan indikator kemampuan pemecahan masalah matematika dengan teori Polya. Dari hasil analisis data penerapan LKPD, soal tes, dan wawancara 6 peserta didik diperoleh bahwa terdapat bahwa terdapat 5 peserta didik dalam tingkat keempat yaitu memenuhi semua tahapan Polya dan 1 peserta didik dalam tingkat kedua yaitu hanya memenuhi satu tahapan Polya untuk kemampuan pemecahan masalah matematika.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118974
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository