Pengaruh Hedonic Shopping Value, Utilitarian Shopping Value, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Saat Event Flash Sale Shopee Pada Mahasiswa Universitas Jember
Abstract
Keputusan pembelian merupakan bagian terpenting yang harus
diperhatikan karena bertujuan untuk menciptakan strategi pemasaran yang akan
diterapkan oleh suatu perusahaan. Pada saat memilih produk, terkadang konsumen
secara tidak sengaja melihat produk atau merek yang menarik perhatiannya dan
menimbulkan rasa ingin memiliki barang tersebut yang menyebabkan perubahan
keinginan secara spontan. Tindakan ini sering disebut dengan pembelian impulsif
atau pembelian tidak terencana. Saat ini, para pelaku usaha online sedang gencar
melakukan strategi pemasaran dan penjualan melalui flash sale. Flash sale banyak
digunakan untuk menawarkan produk dalam skala besar dengan biaya yang
cenderung murah. Konsumen yang memanfaatkan flash sale dalam aktivitas
belanjanya dipengaruhi oleh faktor hedonis, utilitarian, dan harga.
Penelitian ini dilakukan untuk menguji dan menganalisis pengaruh
hedonic shopping value, utilitarian shopping value dan harga terhadap keputusan
pembelian impulsif saat event flash sale Shopee pada mahasiswa Universitas
Jember. Dalam penelitian ini menggunakan data primer dan jenis penelitian ini
adalah explanatory research. Data primer tersebut diperoleh dari jawaban
kuesioner pada 120 responden yang ditentukan dengan menggunakan teknik nonprobability sampling bersifat purposive sampling. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah Analisis Regresi Linier Berganda.
Berdasarkan analisis hasil studi dan pembahasan tentang pengaruh hedonic
shopping value, utilitarian shopping value dan harga terhadap keputusan
pembelian impulsif saat event flash sale Shopee pada mahasiswa Universitas
Jember, maka dapat diambil beberapa kesimpulan sebagai berikut: 1) Hedonic
shopping value berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian
impulsif saat event flash sale Shopee pada mahasiswa Universitas Jember;
2) Utilitarian shopping value berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap
keputusan pembelian impulsif saat event flash sale Shopee pada mahasiswa
Universitas Jember; 3) Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan pembelian impulsif saat event flash sale Shopee pada mahasiswa
Universitas Jember.