Show simple item record

dc.contributor.authorAnggarita Meylinda Putri
dc.date.accessioned2013-12-24T02:19:42Z
dc.date.available2013-12-24T02:19:42Z
dc.date.issued2013-12-24
dc.identifier.nimNIM080210102029
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11882
dc.description.abstractFisika merupakan salah satu mata pelajaran sains yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir analitis dengan menggunakan berbagai peristiwa alam dan penyelesaian masalah baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Untuk memahami pelajaran fisika, maka siswa diharapkan mempunyai kemampuan untuk merepresentasikan konsep fisika meliputi representasi verbal, matematik, grafik, dan gambar. Salah satu model yang mendukung adalah dengan menggunakan model free inquiry. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji perbedaan yang signifikan kemampuan representasi verbal, matematik, grafik, dan gambar antara kelas yang menerapkan model free inquiry dengan kelas yang tidak menerapkan model free inquiry serta mengkaji perbedaan yang signifikan hasil belajar pada kelas yang menerapkan model free inquiry dengan kelas yang tidak menerapkan model free inquiry. Jenis penelitian ini adalah penelitian true eksperiment, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 2 Jember. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Desain penelitian menggunakan control group pre-test post-test. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data menggunakan t tes SPSS 16 . Hasil analisis menggunakan uji-t kemampuan representasi verbal, tes diperoleh 0,499 > 0,050 Sehingga hipotesis nihil (Ho) diterima dan hipotesis kerja (Ha) ditolak Hal ini dapat diartikan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan representasi verbal pada kelas eksperimen dengan kelas. Uji-t kemampuan representasi matematik diperoleh 0,00 < 0,050, sehingga hipotesis kerja (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Hal ini dapat diartikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan representasi matematik kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Uji-t kemampuan representasi grafik diperoleh 0,00 < 0,050, sehingga hipotesis kerja (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Hal ini dapat diartikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan representasi grafik kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Uji-t kemampuan representasi gambar diperoleh 0,001 < 0,050, sehingga hipotesis kerja (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Hal ini dapat diartikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan representasi gambar kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hasil analisis hasil belajar siswa menggunakan uji-t diperoleh 0,000 < 0,050, sehingga hipotesis kerja (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Hal ini dapat diartikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Kesimpulan yang diperoleh berdasarkan hasil analisis dan pembahasan adalah sebagai berikut: (1) Tidak ada perbedaan yang signifikan pada kemampuan representasi verbal antara kelas yang pembelajarannya menggunakan model free inquiry dengan kelas yang tidak menggunakan model free inquiry. (2) Ada perbedaan yang signifikan pada kemampuan representasi matematik antara kelas yang pembelajarannya menggunakan model free inquiry dengan kelas yang tidak menggunakan model free inquiry. (3) Ada perbedaan yang signifikan pada kemampuan representasi grafik antara kelas yang pembelajarannya menggunakan model free inquiry dengan kelas yang tidak menggunakan model free inquiry. (4) Ada perbedaan yang signifikan pada kemampuan representasi gambar antara kelas yang pembelajarannya menggunakan model free inquiry dengan kelas yang tidak menggunakan model free inquiry. (5) Ada perbedaan yang signifikan pada hasil belajar fisika antara kelas yang pembelajarannya menggunakan model free inquiry dengan kelas yang tidak menggunakan model free inquiry.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210102029;
dc.subjectModel Free Inquiryen_US
dc.titleModel Free Inquiry Pada Pembelajaran Multirepresentasi Fisika Di MAN 2 Jemberen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record