• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Model Free Inquiry Pada Pembelajaran Multirepresentasi Fisika Di MAN 2 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Anggarita Meylinda Putri - 080210102029_1.pdf (159.7Kb)
    Date
    2013-12-24
    Author
    Anggarita Meylinda Putri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fisika merupakan salah satu mata pelajaran sains yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir analitis dengan menggunakan berbagai peristiwa alam dan penyelesaian masalah baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Untuk memahami pelajaran fisika, maka siswa diharapkan mempunyai kemampuan untuk merepresentasikan konsep fisika meliputi representasi verbal, matematik, grafik, dan gambar. Salah satu model yang mendukung adalah dengan menggunakan model free inquiry. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji perbedaan yang signifikan kemampuan representasi verbal, matematik, grafik, dan gambar antara kelas yang menerapkan model free inquiry dengan kelas yang tidak menerapkan model free inquiry serta mengkaji perbedaan yang signifikan hasil belajar pada kelas yang menerapkan model free inquiry dengan kelas yang tidak menerapkan model free inquiry. Jenis penelitian ini adalah penelitian true eksperiment, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 2 Jember. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Desain penelitian menggunakan control group pre-test post-test. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data menggunakan t tes SPSS 16 . Hasil analisis menggunakan uji-t kemampuan representasi verbal, tes diperoleh 0,499 > 0,050 Sehingga hipotesis nihil (Ho) diterima dan hipotesis kerja (Ha) ditolak Hal ini dapat diartikan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan representasi verbal pada kelas eksperimen dengan kelas. Uji-t kemampuan representasi matematik diperoleh 0,00 < 0,050, sehingga hipotesis kerja (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Hal ini dapat diartikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan representasi matematik kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Uji-t kemampuan representasi grafik diperoleh 0,00 < 0,050, sehingga hipotesis kerja (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Hal ini dapat diartikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan representasi grafik kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Uji-t kemampuan representasi gambar diperoleh 0,001 < 0,050, sehingga hipotesis kerja (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Hal ini dapat diartikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan representasi gambar kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hasil analisis hasil belajar siswa menggunakan uji-t diperoleh 0,000 < 0,050, sehingga hipotesis kerja (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Hal ini dapat diartikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Kesimpulan yang diperoleh berdasarkan hasil analisis dan pembahasan adalah sebagai berikut: (1) Tidak ada perbedaan yang signifikan pada kemampuan representasi verbal antara kelas yang pembelajarannya menggunakan model free inquiry dengan kelas yang tidak menggunakan model free inquiry. (2) Ada perbedaan yang signifikan pada kemampuan representasi matematik antara kelas yang pembelajarannya menggunakan model free inquiry dengan kelas yang tidak menggunakan model free inquiry. (3) Ada perbedaan yang signifikan pada kemampuan representasi grafik antara kelas yang pembelajarannya menggunakan model free inquiry dengan kelas yang tidak menggunakan model free inquiry. (4) Ada perbedaan yang signifikan pada kemampuan representasi gambar antara kelas yang pembelajarannya menggunakan model free inquiry dengan kelas yang tidak menggunakan model free inquiry. (5) Ada perbedaan yang signifikan pada hasil belajar fisika antara kelas yang pembelajarannya menggunakan model free inquiry dengan kelas yang tidak menggunakan model free inquiry.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11882
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository