• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD disertai LKPD terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar pada Pembelajaran IPA di SMP

    Thumbnail
    View/Open
    TA WATERMARK.pdf (717.5Kb)
    Date
    2023-06-28
    Author
    HARIBUDIARTI, Dinda Yunita
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Ilmu pengetahuan alam adalah cabang ilmu yang mengkaji tentang objek atau gejala tentang alam. Ipa bukan hanya merupakan kumpulan pengetahuan makhluk hidup, tetapi membutuhkan kerja, cara berfikir dan cara memecahkan masalah. Pembelajaran IPA dapat memberikan pengalaman secara langsung, sehingga siswa dapat mempresentasikan konsep ipa dengan baik. Namun realitanya bahwa pada pembelajaran ipa pada saat ini kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Guru masih mengggunakan metode ceramah dan penugasan, sehingga siswa tersebut dianggap pasif dan siswa merasa bosan dalam pembelajaran yang monoton. Sehingga dipelukan suatu model pembelajaran yang dapat membuat siswa lebih aktif, membuat siswa bekerja sama satu sama lain dan siswa dapat melakukan percobaan dalam pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif tipe stad lebih mengarahkan siswa untuk bekerja sama satu sama lain untuk lebih memahami dan dapat mempresentasikan konsep ipa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe stad disertai lkpd terhadap hasil belajar dan aktivitas belajar siswa. Jenis penelitian yaitu quasi eksperimen dengan bentuk desain Pretest and Postest with Non Equivalent Control Group Design dan sampel yang dipilih adalah kelas VIII A untuk kelas eksperimen dan kelas VIII D kelas kontrol. Tempat penelitian di SMPN 1 Kalipuro pada tahun ajaran 2021/2022. Teknis analisis data menggunakan soal pretest-postest. Hasil selisih nilai pretest-postest dianalisis menggunakan uji normalitas untuk mengetahui apakah data berdistribusi normal atau tidak. Jika data berdistribusi normal selanjutnya dilakukan uji hipotesis mengggunakan Uji Independent Sample T-Test. Hasil uji normalitas pada hasil belajar menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) 0,53, maka nilai tersebut berdistribusi normal karena nilai Sig. (2-tailed) ≥ 0,05. Selanjutnya dilakukan uji Independent Sampel T-Test menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) 0,00, maka nilai tersebut Sig. (2- tailed) ≤ 0,05 menyatakan adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe stad terhadap hasil belajar siswa. Pada aktivitas belajar siswa menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis. Uji normalitas menggunakan skor siswa pada aktivitas belajar. Skor yang didapatkan 0,055 hal itu menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) ≥ 0,05 maka data tersebut berdistribusi normal. Pada uji hipotesis dilakukan uji Independent Sampel T-Test menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) 0,001, maka nilai tersebut Sig. (2-tailed) ≤ 0,05 menyatakan adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe stad terhadap aktivitas belajar siswa.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118621
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository