Pengaruh Perceived usefulness, Perceived ease of use, dan Perceived enjoyment Terhadap Intention to use Pengguna E-Wallet OVO Pada Generasi-Z
Abstract
Perkembangan transaksi secara online berkembang secara pesat di Indonesia.
Terlebih lagi adanya pandemi Covid-19 yang mengharuskan transaksi secara online.
Ini mengakibatkan banyaknya inovasi baru dari transaksi online, salah satunya adalah
e-wallet. Perkembangan e-wallet sangat cepat dan luas. Tercatat kurang lebih 38
perusahaan e-wallet terdaftar dan mendapat izin dari Bank Indonesia. Salah satu yang
sedang di gandrungi anak muda adalah OVO. Persaingan antara e-wallet yang sangat
ketat, mengakibatkan OVO harus meningkatkan inovasi agar mendapat perhatian dari
masyarakat. Karena masyarakat menggunakan suatu aplikasi karena manfaat,
kemudahan penggunaannya, dan juga kenyamanan dalam menggunakan aplikasi
tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara signifikan
Perceived usefulness, perceived ease of use, dan perceived enjoyment. Metode
penelitian yang dipakai pada penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif.
Responden yang ditentukan adalah 197 anak muda kalangan gen-z dengan
menggunakan simple random sampling. Pemrosesan data memakai analisis linear
berganda dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistic 23. Hasil penelitian ini
menunjukkan adanya pengaruh secara signifikan antara variabel Perceived ease of
use, dan perceived enjoyment dengan intention to use. Sedangkan variabel Perceived
usefulness tidak berpengaruh secara signifikan terhadap intention to use.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Perceived Susceptibility and Perceived Benefit as Factors Affecting VIA Tests Participation in Work Area of Kertosari Health Center
PRATIWI, Kurnia Nata; HERNAWATI, Sri; ROKHMAH, Dewi (Health Notions, Volume 2 Number 6 (June 2018), 2018-06-01)In Indonesia, cervical cancer is ranked first as the cause of death to women. The government has implemented an early detection program of cervical cancer in controlling cervical cancer by using Visual Inspection with ... -
Self E-Commerce Platform Advertisement in Encouraging Transaction Development of Indonesian Creative Products
FANDIYANTO, Randika; SULARSO, Raden Andi; IRAWAN, Bambang; SURYANINGSIH, Ika Barokah (International Journal of Advanced Science and Technology, Vol. 29, No. 7, (2020), pp. 5359-5371, 2020-07-01)This research was conducted to prove the SEPAd variable, which moderates the trust of its influence on purchasing decisions and online repurchase interests. This research was conducted on consumers of creative products ... -
Comparison of Intention to Transact Use E-Commerce Reviewed from Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Perceived Risk and Attitute Toward Use (Survey of Students in Jember)
PUTRA, Ihrom Caesar Ananta; KUSTONO, Alwan Sri; MIQDAD, Muhammad (International Journal of Zambrut, 2019-05-01)This study aims to examine the influence of perceived usefulness, perceived ease of use, perceived risk and attitude toward use on intention to transact on 5 ecommerce models. This research is a descriptive and comparative ...