• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kualitas Pelayanan Perizinan Melalui Sistem Informasi Aplikasi Perizinan Online (SIAPO) di DPMPTSP-NAKER Kabupaten Bondowoso

    Thumbnail
    View/Open
    Hasna Hanuun_180910201024.pdf (3.674Mb)
    Date
    2023-02-06
    Author
    HANUUN, Hasna
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kualitas pelayanan perizinan melalui Sistem Informasi Aplikasi Perizinan Online (SIAPO) di DPMPTSP-NAKER Kabupaten Bondowoso. Pemanfaatan teknologi dapat menciptakan suatu pembaharuan dalam mekanisme birokrasi pemerintahan yang dikenal dengan istilah E-Government yang merupakan suatu bentuk interaksi baru antara pemerintah dan masyarakat berbasis teknologi informasi dengan memanfaatkan jaringan internet. DPMPTSP-NAKER Kabupaten Bondowoso menyediakan sebuah layanan untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan perizinan melalui aplikasi SIAPO. Akan tetapi, dalam penggunaan aplikasi SIAPO tidak terlepas dari berbagai macam permasalahan secara teknis maupun non-teknis yang berdampak pada kualitas pelayanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner), wawancara dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Analisis data yang digunakan antara lain analisis E-Govqual dan Analisis IPA (Importance Performance Analysis). Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai kesenjangan (gap) sebesar -0,186 atau < 0, maka kualitas pelayanan perizinan melalui aplikasi SIAPO tidak baik. Pada hasil analisis IPA diperoleh nilai kesesuaian sebesar 86% atau < 100%, maka kualitas pelayanan yang diberikan tidak sesuai dengan harapan pengguna. Sebagaimana diketahui pada hasil analisis E-Govqual dan analisis IPA tersebut menunjukkan bahwa pada aplikasi SIAPO masih memerlukan perbaikan agar kualitas pelayanan perizinan menjadi lebih baik.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118463
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5688]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository