• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Hubungan Kecerdasan Interpersonal dengan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SDN Pulo 01 Lumajang Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia

    Thumbnail
    View/Open
    Hubungan Kecerdasan Interpersonal Dengan Hasil Belajar.pdf (1.516Mb)
    Date
    2023-06-21
    Author
    ARDYATAMA, Rafi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Proses pembelajaran dapat diartikan sebagai upaya untuk mencapai perubahan tingkah laku dari hasil pengalaman individu yang ditunjukkan oleh siswa dalam belajar, hal ini tingkat hasil belajar siswa dapat dipengaruhi dalam proses pembelajaran di kelas. Terdapat ketidaksesuaian antara indikator interpersonal dengan siswa, misalnya kurangnya rasa empati terlihat ketika ada siswa yang merasa kesulitan sedangkan teman yang lain tidak membantu. Siswa yang sikap kesadaran diri kurang terlihat ketika guru mengajukan pertanyaan siswa tidak langsung menjawab kecuali ditunjuk. Berdasarkan latar belakang tersebut maka tujuan penelitian berdasarkan uraian yang telah disampaikan adalah untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan interpersonal dengan hasil belajar siswa kelas V SDN Pulo 01 Lumajang tema 1 alat gerak hewan dan manusia. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ex post facto yaitu mengambil masalah berdasarkan fakta-fakta yang terjadi sebelumnya. Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN Pulo 01 Lumajang. Pembelajaran akan dilaksanakan di kelas V SDN Pulo 01 Lumajang. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Pulo 01 Lumajang yang berjumlah 52 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Sebelum menyusun kuesioner, terlebih dahulu dibuat kisi-kisi sebagai pedoman dalam menyusun kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis inferensial asosiatif yang diuji dengan korelasi product moment.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118433
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository