• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Pola Komunikasi Organisasi dI TK Kemala Bhayangkari 41 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2020/2021

    Thumbnail
    View/Open
    DOC-20230803-WA0044 (676.4Kb)
    Date
    2023-01-19
    Author
    RISTANTONO, Jonnathan Dio
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Analisis Pola Komunikasi Organisasi TK Kemala Bhayangkari 41 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2021/2022; Jonnathan Dio Ristantono; 170210205064, 2022 : 52 halaman; Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Komunikasi organisasi merupakan pengiriman dan peneriman pesan dalam lingkup suatu organisasi baik secara formal maupun informal. Dengan adanya komunikasi organisasi yang baik antara kepala sekolah dengan guru diharapkan akan dapat meningkatkan kinerja guru pengajar di sekolah. komunikasi kepala sekolah terhadap guru memang penting di lakukan dengan baik karena denga terjadinya komunikasi yang baik bisa mengembangkan kemampuan guru, memberikan rasa nyaman di lingkungan sekolah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah Pola Komunikasi Organisasi di TK Kemala Bhayangkari 41 Kota Kediri?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola komunikasi organisasi di TK Kemala Bhayangkari 41 Kota Kediri. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang diperoleh dari informan kunci yaitu kepala sekolah serta sumber data yang diperoleh dari informan pendukung yakni guru di TK Kemala Bhayangkari 41 Kota Kediri. Metode pengumpulan data yang dilakukan melalui metode observasi, wawancara, serta dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis data yang dilakukan melalui 4 tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga menggunakan uji kredibilas yang akan dilakukan adalah perpanjang pengamatan dan triangulasi. Perpanjang pengammatan akan dilakukan di TK Kemala Bhayangkari 41 Kota Kediri apabila data yang di dibutuhkan masih belum lengkap. Triangulasi dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Dan Penggunaan bahan referensi untuk memberikan bukti dan menjadi penguat terhadap data yang diperoleh dalam proses penelitian oleh peneliti. Dalam penelitian ini dilengkapi dengan beberapa data yang diberikan berupa foto dari hasil penelitian yang dilakukan di TK Kemala Bhayangkari 41 Kota Kediri. Berdasarkan hasil dari penelitian yang sudah dilakukan menunjukan bahwa pola komunikasi yang diterapkan di lembaga sekolah TK Kemala Bhayangkari 41 Kota Kediri adalah pola komunikasi interpersonal dan kelompok. Dimana komunikasi dilakukan secara langsung melalui beberapa pendekatan yaitu pendekatan secara subjek, pendekatan secara objek dan pendekatan secara emosional. Adapun faktor yang mempengaruhi pola komunikasi ini antara lain yaitu perbedaan struktur wewenang; Kemampuan komunikasi komunikator; Konteks; Bahasa yang digunakan; Wawasan; dan Media yang digunakan dalam berkomunikasi. Hal ini berdampak dapat meningkatkan kinerja personil di atau sumberdaya manusia di TK Kemala Bhayangkari 41 Kota Kediri, dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di TK Kemala Bhayangkari 41 Kota Kediri, dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan, dapat menciptakan suasana kekeluargaan dalam sebuah lembaga atau institusi dan komunikasi dapat menjadi probelm solving disetiap permasalahan yang dialami karena dengan komunikasi yang baik dapat diambil sebuah keputusan yang diperoleh melalui musyawarah secara mufakat sehingga permasalahan dapat dipecahkan dengan baik. Sebagai saran untuk kepala sekolah harus bersikap profesional tanpa melihat kondisi emosional yang sedng terjadi terkait dalam komunikasi, untuk guru hendaknya dibekali untuk memahami tentang pola komunikasi dan selalu mengevaluasi bahwa komunikasi ini bertujuan untuk mempermudah mencapai sebuah tujuan yang akan di capai, utnuk lembaga adanya program memberi reward terhadap guru yang berhasil continue dan berskala untuk menjadikan motivasi bagi guru agar bersikap lebih baik dari sebelumnya.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118198
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15474]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository