• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Model Penataan Perpustakaan Untuk Stimulasi Literasi Dini Anak di TK Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2022/2023

    Thumbnail
    View/Open
    REPOSITORY SKRIPSI RAFIIQAA.pdf (4.847Mb)
    Date
    2023-05-25
    Author
    HIRMAWAN, Rafiiqaa Ramadhan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perpustakaan sekolah harus berfungsi sebagai wadah belajar para siswa bukan hanya penunjang pembelajaran. Oleh karena itu perpustakaan sekolah harus diatur dengan benar agar dapat berperan sesuai dengan fungsinya. Penataan ruang perpustakaan anak memiliki peranan penting, di mana bisa membuat anak merasa nyaman dan betah ketika berada di dalam. Melalui penataan perpustakaan, anakanak akan bereksplorasi melalui tersedianya sumber daya literasi dan permainan edukatif. Berdasarkan hasil pengamatan awal di bulan Agustus 2022 di TK ALIrsyad Al-Islamiyyah Kabupaten Jember ditemukan bahwa terdapat murid kelompok A yang belum lancar membaca, lalu juga masih terdapat anak yang belum tahu tentang huruf abjad. Sedangkan di kelompok B rata-rata sudah banyak yang lancar membaca, kecuali anak kelompok B1 sekitar 5-6 anak yang belum lancar membaca. Kegiatan literasi di TK Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jember hanya dilakukan melalui buku latihan atau pedoman membaca mengeja yang disediakan oleh sekolah. Guru kelas berusaha mengoptimalkan kegiatan membaca mengeja setiap hari Senin sampai Kamis untuk menambah kosakata anak. Perpustakaan di TK AlIrsyad Al-Islamiyyah Jember penataan sebelumnya yaitu hanya pojok baca sehingga perlu di kembangkan menjadi perpustakaan agar di kunjungi oleh seluruh kelompok. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana proses dan hasil pengembangan model penataan perpustakaan untuk menstimulasi literasi dini anak di TK Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2022/2023?” Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan penataan perpustakaan untuk stimulasi literasi dini anak di TK Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jember. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau yang biasa disebut dengan research and development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data berasal dari kepala sekolah, WAKA Sarana dan Prasarana dan anak. Teknik analisis data yaitu menggunakan teknik analisis data kuantitatif dengan menggunakan kuisioner dan menggunakan rumus valpro. Proses pengembangan penataan perpustakaan untuk stimulasi literasi dini di TK Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jember menggunakan model pendekatan ADDIE, yaitu 1) Tahap analisis permasalahan untuk menghasilkan informasi mengenai kebutuhankebutuhan dalam model penataan ruang perpustakaan untuk didesain, 2) Tahap desain produk dalam pengembangan ini adalah menyusun rencana penataan perpustakaan dan melakukan desain pembuatan penataan perpustakaan, 3) Tahap pengembangan yaitu validasi produk mengenai penataan perpustakaan yang diuji kelayakannya oleh dosen PG PAUD dan kepala sekolah TK Al-Irsyad AlIslamiyyah, 4) Tahap implementasi yaitu penerapan rancangan kegiatan yang telah dirancang oleh peneliti dengan kegiatan dilakukan ruang perpustakaan subyek kelompok A1 dan B1, dan 5) Tahap evaluasi yaitu menganalisis uji kepraktisan dan uji keefektifan. Hasil uji validitas ahli skor rata-rata validasi secara keseluruhan adalah 88 dengan kategori sangat layak. Uji kepraktisan mendapatkan skor rata-rata 73 dengan kriteria praktis. Uji keefektifan mendapatkan skor rata-rata yang keseluruhan terlihat anak melakukan kegiatan literasi di dalam perpustakaan mendapatkan skor 75 dengan kriteria efektif. Saran yaitu bisa mengadakan kegiatan lomba terkait dengan literasi dini dan dapat meminjam bahan pustaka atau APE (Alat Permainan Edukatif) dengan pihak mitra luar untuk memenuhi kegiatan di ruang perpustakaan.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118144
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15474]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository