• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan Volume Kubus dan Balok pada Siswa Kelas V di SDN Wonorejo 06 Kabupaten Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Vera_190210204039_FKIP_PGSD.pdf (3.040Mb)
    Date
    2023-06-22
    Author
    WATI, Vera Dewi Purnama
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Siswa kesulitan untuk aktif dan berpikir kritis dalam kegiatan pembelajaran di dalam kelas, sehingga hasil belajar siswa kurang dari KKM. Selain itu, siswa kesulitan dalam membedakan antara bangun ruang kubus dan balok tanpa kegiatan mengamati terlebih dahulu serta siswa kesulitan dalam mengoperasikan rumus. Oleh karena itu, perlu adanya pendekatan saintifik untuk menunjang proses pembelajaran agar siswa aktif dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa pokok bahasan volume kubus dan balok pada siswa kelas V di SDN Wonorejo 06 Kabupaten Jember. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimental semu dengan pola non-equivalen control group design. Hasil belajar siswa yang diperoleh pada kelas eksperimen dengan menggunakan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran menunjukkan lebih efektif yaitu sebesar 56,79% bagian dari hasil belajar pokok bahasan volume kubus dan balok yang dipengaruhi oleh pendekatan saintifik, sedangkan sebesar 43,21% bagian dari hasil belajar pokok bahasan volume kubus dan balok dipengaruhi oleh faktor lain, selain pendekatan saintifik. Faktor tersebut secara teoritis adalah mencakup faktor eksternal dan internal. Kesimpulan dari penelitian yang telah dilakukan adalah ada pengaruh penggunaan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar pokok bahasan volume kubus dan balok pada siswa kelas V di SDN Wonorejo 06 Kabupaten Jember.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117873
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15481]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository